Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Haruskah Mobil Selalu Dicuci Sehabis Kena Hujan?

Kompas.com - 04/10/2017, 13:42 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotifHujan mulai kerap datang. Siap-siap, Anda bakal lebih sering direpotkan dengan aktivitas bersih-bersih kendaraan agar tetap tampil bersih.Tapi, apakah iya, sehabis kena hujan, kita harus mencuci mobil?

Masalahnya waktu dan tenaga. Kebanyakan dari kita adalah ”sibukers”, kerja pagi pulang malam. Alih-alih mencuci mobil, mencari waktu istirahat pun susah, terutama untuk ”kaum” komuter kota besar yang melakukan perjalanan jauh PP rumah-kantor.

Berdasarkan penjelasan Ardiansyah, pengelola 3M car wash and detailing di Radin Inten, Jakarta Timur, (4/10/2017), sebenarnya, aktivitas mencuci mobil tak harus dilakukan setiap mobil kena hujan.

Baca: Musim Hujan Tiba, Jangan Malas Cuci Mobil

Tapi, paling tidak, ada langkah-langkah ringan agar zat asam air hujan tidak terlanjur kering dan merusak cat mobil. ”Memang kotoran atau debu yang bercampur dengan air hujan jika dibiarkan akan menimbulkan kerak, terus memudarkan warna cat,” kata Ardiansyah kepada KompasOtomotif.

Siasat
Apalagi, jika lewat di dekat perairan laut yang airnya memiliki kandungan garam cukup besar, ditambah dengan polutan, karat akan mudah menyerang dalam jangka waktu yang lama. Artinya, Ardiansyah tetap menegaskan bahwa mencuci mobil setelah kena hujan adalah wajib. Tapi, ada siasatnya.

”Kalau tiap hari nyuci bisa kecapekan. Dibawa ke tukang cuci tiap hari juga berat di ongkos. Cara gampangnya, bilas saja dulu dengan air biasa, lakukan penyemprotan dengan tekanan yang lebih untuk merontokkan kotoran,” kata Ardiansyah.

Setelah yakin kotoran rontok, biarkan setengah kering, lalu segera lap dengan kain mikrofiber atau lap lembut, karena saat basah, kondisi cat biasanya lebih lunak dan mudah tergores.

Soal mencuci mobil dengan sabun, bisa dilakukan tiga hari sekali atau seminggu sekali. Karena bagaimanapun juga, mencuci tanpa sabun atau sampo tak bisa membersihkan kotoran dengan sempurna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com