Mitsubishi Indonesia Pasrah Mirage “Mengendur”

Kompas.com - 04/10/2017, 09:02 WIB
Test Drive Mitsubishi New Mirage dok.KTBTest Drive Mitsubishi New Mirage
|
EditorAgung Kurniawan

Bekasi, KompasOtomotif – Jagoan Mitsubishi di segmen city car, Mirage, kondisinya kurang menggembirakan. Data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), mencatat, sepanjang delapan bulan 2017 (year-on-year), anjlok 37,06 persen.

Jumlah penjualan, cuma 1.445 unit, periode Januari-Agustus 2017, turun dari periode sama tahun sebelumnya, yakni 2.296 unit. Melihat lebih jauh lagi ke belakang pada 2015, pencapaiannya bahkan bisa menyentuh 4.625 unit. Jika dibuat grafik tentu terlihat tren penurunan.

Terakhir kali Mitsubishi menyegarkan mobil kotanya ini Juli 2016 lalu, demi merangsang konsumen melakukan pembelian. Namun memang harus diakui, kalau penurunan masih sulit untuk dihindari.

Baca juga : Stok Mirage Numpuk, Mitsubishi Umbar Diskon

Irwan Kuncoro, Director for Sales and Marketing Division Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia ( MMKSI) juga mengakui kondisi tersebut. Dirinya menyebut salah satu penyebabnya karena kedatangan model baru dari kompetitor. Irwan sendiri tak menyebut jelas siapa yang dimaksud.

“Sebenarnya turun karena memang mengikuti segmennya, ada masuk juga pemain baru yang seolah-olah segmennya membesar, padahal cuma produk mereka sendiri. Secara umum shrinking dan pindah ke LCGC yang tiga baris itu,” tutur Irwan Selasa (3/10/2017).

“Memang fenomenanya seperti itu, iya tidak bisa dihindari,” ucap Irwan.

Soal nasib ke depan, Irwan menyebutkan, kalau mereka masih terus menjual Mirage, dan belum terpikir akan menghilangkannya dari pasar otomotif dalam negeri. “Kami tidak stop penjualan Mirage,” kata Irwan.

Wholesales Mirage Januari-Agustus 2014-2017 (diolah dari data Gaikindo).Ghulam/KompasOtomotif Wholesales Mirage Januari-Agustus 2014-2017 (diolah dari data Gaikindo).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X