Kompas.com - 04/10/2017, 07:42 WIB
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAgung Kurniawan

Valencia, KompasOtomotif - Rio Haryanto resmi menjalani sesi pengujian Formula E di Valencia. Mantan pebalap Formula 1 itu turun menggunakan demonstration car Spark STR01E.

Meski sampai saat ini belum diketahui bagaimana hasil tes resmi, namun dikutip dari Motorsport, Rio sukses menyelesaikan 30 putaran dalam dua sesi uji coba.

Rio mengaku mengalamai kesulitan di sesi awal, hal ini wajar mengingat Rio baru pertama kali mengendarai mobil balap listrik, apalagi setelah hengkang dari lintasan Formula 1.

"Untuk menjaga ritme, saya masih berlatih gokar. Mobil ini ternyata cukup sulit, terutama untuk rem karena saya sampai dihadapkan pada suatu titik yang tiba-tiba ban belakang terasa terlalu panas padahal baru tiga sampai empat putaran," ujar Rio.

Baca : Rio Mulai Geber Mobil Listrik Formula E

Rio Haryanto Formula E Rio Haryanto Formula E

Meski demikian, pebalap berusia 24 tahun tersebut merasa mengendarai mobil Formula E punya tantangan tersendiri. Terutama mengenai masalah keseimbangan dari satu putaran ke putaran berikutnya.

"Mobil yang saya gunakan bukan mobil untuk balap, tapi setidaknya saya sudah memahami cara kerja dan saya senang bisa menyelesaikan pengujian dengan mulus tanpa kesalahan. Ini benar-benar berbeda dari mobil F1 karena anda harus fokus dengan banyaknya pengaturan mekanis serta gaya mengemudi yang berbeda saat di tikungan," kata Rio.

Sekadar informasi, Spark SRT01E adalah mobil yang digunakan pada musim awal Formula E. Mobil ini dilengkapi dengan mesin McLaren dan girboks Hewland lima kecepatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Motorsport
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.