Kompas.com - 03/10/2017, 09:02 WIB
Vokasi AHM sudah masuk di ranah SUmatera Utara. AHMVokasi AHM sudah masuk di ranah SUmatera Utara.
|
EditorAgung Kurniawan

Deli Serdang, KompasOtomotif – PT Astra Honda Motor (AHM) kembali dipercaya Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) untuk mengembangkan vokasi industri di SMK. Peluncuran pertama kali di luar Pulau Jawa ini dipusatkan di Sumatera Utara (Sumut).

Program Vokasi Industri di Provinsi Sumatera Utara diluncurkan dengan mengembangkan SMK Pilot Project, dihadiri Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi, dan Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi.

Kegiatan tersebut diselenggarakan di Kawasan Industri Medan (KIM) Tahap II, Kabupaten Deli Serdang, Sumut (2/10/2019).

Dalam program pengembangan pendidikan vokasi bersama Kemenperin di pulau Sumatera ini, AHM melakukan kerjasama dengan 6 SMK yang berada di wilayah provinsi (Sumut).

Baca: AHM Ikut Kembangkan Pendidikan Vokasi SMK

Demi mendukung program belajar mengajar di SMK Pilot Project, AHM memberikan bantuan enam unit sepeda motor, enam set special tools, dan materi ajar kepada enam SMK binaan Honda ini.

Pemberian bantuan secara simbolis disampaikan oleh General Manager Human Resource Division AHM Lucas Prana Sunarja kepada salah satu kepala sekolah SMK. 

Atas kerjasama ini, AHM dan Kemenperin sudah memiliki 58 SMK Pilot Project berbasis kompetensi teknologi sepeda motor yang tersebar di DKI Jakarta, Banten, Sulawesi Selatan, Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Barat, dan kini memasuki provinsi Sumut.

Ketua Program Pendidikan Satu Hati Ahmad Muhibbuddin mengatakan dalam siaran resmi, upaya meningkatkan kualitas SMK binaan Honda ini tidak hanya dalam bentuk bantuan untuk melengkapi kebutuhan tempat praktik para siswa, namun secara komprehensif juga melakukan penyelarasan kurikulum, penyediaan tempat praktik kerja industri (Prakerin) siswa, dan pengukuran kualitas SMK melalui supervisi dan kontesitas.

”Program link and match dunia industri dan dunia pendidikan ini sangat penting. Kami akan terus mendukung pemerintah menguatkan kompetensi generasi muda terutama di bidang teknik sepeda motor Honda,” ujar Muhibbuddin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.