Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Perualang China Bermesin BMW 650 Cc

Kompas.com - 28/09/2017, 17:42 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber visordown

Chongqing, KompasOtomotif – China kembali menunjukkan kekuatan mereka untuk bersaing dengan merek-merek otomotif lain kelas dunia. Di segmen sepeda motor misalnya, diwakili Loncin yang siap menunjukkan sepeda motor adventure 650 cc.

Sepeda motor tersebut menggunakan mesin 652 cc silinder tunggal yang juga dipakai untuk BMW G650GS dan model lain F650. Jangan buruk sangka, ini bukan aksi plagiat terang-terangan, tapi Loncin sudah memegang lisensi dari BMW untuk memproduksi mesin 650 cc lengkap dengan teknologinya.

Baca: Penantang BMW G310R dari China

Bukan yang pertama Loncin menunjukkan sepeda motor dengan mesin itu. Pada 2012 silam, mereka sudah meluncurkan sepeda motor jalanan LX650, pakai jantung yang sama. Tentu, Loncin sudah familiar menggunakan sumber tenaga itu dan tinggal menyesuaikan dengan model lain.

Tampang tak memalukan, justru sangat bisa bersaing dan tidak plagiat.v Tampang tak memalukan, justru sangat bisa bersaing dan tidak plagiat.
Ketika BMW tak lagi membuat sepeda motor dengan mesin lama 650 cc itu, tidak begitu dengan Loncin. Mereka menyatakan, setelah sepeda motor adventure,  mereka siap menggunakannya lagi pada model lain yang akan dipamerkan di CIMA Show, sebentar lagi.

Balik lagi ke sepeda motor adventure, Loncin menyebutnya dengan nama DS8. Gaya desainnya tak jelek sama sekali, bahkan punya lekuk tubuh yang indah sebagai petualang sejati. Berbagai elemen termasuk lampu utama tergolong sangat menarik dan futuristik.

Rangka menggunakan tipe tubular, dipadu lengan ayun aluminium, serta suspensi depan upside down. ABS sudah pasti menjadi peranti wajib. Ada reflektor warna kuning di bagian samping agar lolos regulasi ketika mereka berinvasi ke Eropa.

Kelengkapan termasuk tameng angin yang bisa disetel manual ketinggiannya. Panel instrumen LCD, dilengkapi dengan soket pengecasan gadget berupa lubang USB. Loncin belum memberikan spesifikasi lengkap, juga harga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber visordown
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com