Kompas.com - 28/09/2017, 17:42 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Chongqing, KompasOtomotif – China kembali menunjukkan kekuatan mereka untuk bersaing dengan merek-merek otomotif lain kelas dunia. Di segmen sepeda motor misalnya, diwakili Loncin yang siap menunjukkan sepeda motor adventure 650 cc.

Sepeda motor tersebut menggunakan mesin 652 cc silinder tunggal yang juga dipakai untuk BMW G650GS dan model lain F650. Jangan buruk sangka, ini bukan aksi plagiat terang-terangan, tapi Loncin sudah memegang lisensi dari BMW untuk memproduksi mesin 650 cc lengkap dengan teknologinya.

Baca: Penantang BMW G310R dari China

Bukan yang pertama Loncin menunjukkan sepeda motor dengan mesin itu. Pada 2012 silam, mereka sudah meluncurkan sepeda motor jalanan LX650, pakai jantung yang sama. Tentu, Loncin sudah familiar menggunakan sumber tenaga itu dan tinggal menyesuaikan dengan model lain.

Tampang tak memalukan, justru sangat bisa bersaing dan tidak plagiat.v Tampang tak memalukan, justru sangat bisa bersaing dan tidak plagiat.
Ketika BMW tak lagi membuat sepeda motor dengan mesin lama 650 cc itu, tidak begitu dengan Loncin. Mereka menyatakan, setelah sepeda motor adventure,  mereka siap menggunakannya lagi pada model lain yang akan dipamerkan di CIMA Show, sebentar lagi.

Balik lagi ke sepeda motor adventure, Loncin menyebutnya dengan nama DS8. Gaya desainnya tak jelek sama sekali, bahkan punya lekuk tubuh yang indah sebagai petualang sejati. Berbagai elemen termasuk lampu utama tergolong sangat menarik dan futuristik.

Rangka menggunakan tipe tubular, dipadu lengan ayun aluminium, serta suspensi depan upside down. ABS sudah pasti menjadi peranti wajib. Ada reflektor warna kuning di bagian samping agar lolos regulasi ketika mereka berinvasi ke Eropa.

Kelengkapan termasuk tameng angin yang bisa disetel manual ketinggiannya. Panel instrumen LCD, dilengkapi dengan soket pengecasan gadget berupa lubang USB. Loncin belum memberikan spesifikasi lengkap, juga harga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber visordown
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.