Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajah Honda Goldwing Terbaru Bocor

Kompas.com - 25/09/2017, 15:22 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber visordown

Tokyo, KompasOtomotif – Wajah terbaru Honda Goldwing model 2018 bocor di internet. Diperkirakan, sepeda motor touring berbadan besar itu akan diluncurkan resmi dalam ajang pameran dua tahunan, Tokyo Motor Show, 24 Oktober 2017 mendatang.

Bocoran gambar itu diindikasi dari press kit yang akan disebar atau dari brosur yang siap edar. Dari situ saja, sudah bisa ditebak, apa saja yang baru dari Goldwing yang menjadi andalan Honda di segmen touring jarak jauh.

Honda bertahan dengan mesin 6-silinder sejajar, namun dipasangkan dengan sasis baru yang mengadopsi gaya BMW K1600GTL, begitu juga dengan suspensi girder di depan, atau tak menggunakan tipe teleskopik.

Bagian itu tak mengejutkan, mengingat Honda sudah mematenkan model tersebut untuk Goldwing sekitar dua tahun lalu. Banyak yang bilang justru suspensi itu tampak agak aneh, namun pabrikan tentu punya alasan kuat dan akan dijelaskan dalam peluncuran.

Baca: Pesaing Honda Gold Wing dari Yamaha

Jerohan mesin sudah pasti berubah, meski dikatakan bakal tetap berkapasitas 1.800 cc seperti model saat ini. Namun akan ada opsi dipasangkan dengan transmisi ganda (dual clutch transmission-DCT), yang punya tujuh gigi maju dan satu mundur.

Dashboard baru Honda Goldwing, ada pengontrol di atas tangki.visordown Dashboard baru Honda Goldwing, ada pengontrol di atas tangki.
Pada gambar bocoran lain, indikasi kuat penggunaan DCT itu dilihat dari tak adanya pemindah gigi di semua bagian sepeda motor. Honda mungkin akan menggunakan tipa semi-auto, atau full auto, dan dijadikan opsi untuk pengguna.

Bisa dilihat juga bahwa sepeda motor punya modern dashboard dengan display berwarna yang tersentralisasi di tengah. Lalu ada kontrol unit di atas tangki, mirip sistem iDrive pada mobil-mobil buatan BMW.

Dashboard itu juga punya display digital tambahan, termasuk mode berkendara. Besar kemungkinan Honda memberikan banyak peranti elektronik, termasuk pengontrol suspensi, atau sistem komputer yang kompatibel dengan gadget.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber visordown
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com