Tim Honda Indonesia Kunci Gelar Balap Asia 2017

Kompas.com - 25/09/2017, 12:51 WIB
Astra Honda Racing Team 2017.AHM Astra Honda Racing Team 2017.

Chennai, KompasOtomotif – Tim Astra Honda Racing Team ( AHRT) mengunci gelar juara tim pada Asia Road Racing Championship ( ARRC) 2017 kelas Asian Production (AP) 250 di Madras Moto Race Track, Chennai, India (24/9/2017). Ini menjadi bukti kuatnya kompetensi tim balap Indonesia yang mampu bersaing dengan negara Asia lainnya.

Raihan 216 poin secara total, AHRT memiliki selisih 68 poin dengan tim terdekat, atau tidak dapat terkejar lagi meski seri balap menyisakan satu putaran di Chang International Circuit, Thailand (2-3 Desember 2017).

Tim bentukan PT Astra Honda Motor (AHM) yang menangani kelas AP250 terdiri dari 17 orang anak bangsa yang memiliki peran sebagai manajer, pebalap, mekanik, engineer, sampai supporting.

Baca: Komitmen Honda di Ajang Balap untuk Generasi Muda

GM Planning and Analysis AHM Agustinus Indraputra mengatakan bahwa berhasilnya tim AHRT mengunci gelar juara di ARRC 2017 kelas AP250 merupakan bentuk kerjasama tim yang solid.

”Masing-masing anggota tim berhasil memainkan perannya dengan baik dari segala sisi, baik kesiapan motor Honda CBR250RR, pebalap, maupun strategi di setiap tantangan sirkuit sepanjang musim balap ARRC," ujar Indraputra.

Gerry Salim di kelas AP250 balap ARRC Seri India 2017.AHM Gerry Salim di kelas AP250 balap ARRC Seri India 2017.
AP250
Meski merebut gelar juara tim, AHRT belum memastikan gelar juara pebalap. Gerry Salim yang mempimpin klasemen di kelas AP250 masih harus berjuang di sisa seri terakhir. Pada balap di India, Sabtu-Minggu (23-24/9/2017), dia tidak finish di balap pertama dan finish kelima pada balap kedua.

Baca: Giliran Yamaha Kibarkan Merah Putih di Ajang Balap Asia

Kendati menjalani seri yang buruk, pencapaian di India membuat Gerry masih mempertahankan posisi pertama di klasemen sementara kelas AP250 dengan total poin 186, atau terpaut 38 poin dengan rival terdekatnya.

Supersports 600
Irfan Ardiansyah, pebalap AHRT asal Magetan yang kembali turun di kelas Supersports 600 setelah beberapa bulan dibekap cedera meraih hasil cukup positif. Irfan harus puas memulai jalannya balapan dari posisi ke 11, dan finish di posisi kedelapan.

Pada balapan kedua, Irfan harus berusaha keras melakoni jalannya balapan dengan aspal yang sudah mulai mengering (sebelumnya hujan deras). Dirinya terus berusaha memperbaiki posisi, namun Irfan harus puas untuk finish di posisi ke-11.

”Perjuangan pebalap binaan AHM belum usai. Hasil dari ARRC seri India ini menjadi bekal penyemangat kami pada seri akhir di Buriram pada Desember mendatang,” ujar Indraputra.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorAgung Kurniawan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X