Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW i8 Bisa "Nge-Charge" di PLN Gambir

Kompas.com - 20/09/2017, 16:57 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Menunjukkan keseriusan mendorong kendaraan listrik, PLN Distribusi Jakarta Raya melakukan test-charging BMW i8 menggunakan Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU). Pengujian dilakukan di lahan parkir khusus kendaraan listik PLN Distribusi Jakarta Raya, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (18/9/2017).

Mobil plug-in hybrid bertenaga 362 tk dari kombinasi mesin turbo 1.5 L dan dua motor listrik  diklaim datang dalam kondisi belum ter-charge dengan konsumsi energi berkisar antara 11,9 kWh/100 km atau setara dengan sekitar Rp 20.000,00 untuk penggunaan sejauh 100 km.

Selain melakukan pengetesan mengisi daya i8, PLN juga memperkenalkan prototipe lahan parkir khusus kendaraan listrik dengan fasilitas SPLU. Adanya lahan ini diharap bisa mendorong instansi lain untuk menyediakan lahan parkir serupa sehingga membuat masyarakat menjadi lebih tertarik menggunakan kendaraan listrik.

"Dari hasil test-charging tersebut, PLN Distribusi Jakarta Raya membuktikan bahwa SPLU dinyatakan telah siap sebagai infrastruktur pengisian energi listrik untuk mendukung perkembangan kendaraan listrik," tulis dalam siaran pers PLN Distribusi Jakarta Raya.

Baca : PLN Klaim SPLU Motor Listrik Mudah Ditemui

Sampai dengan pertengahan September 2017 ini, jumlah SPLU di wilayah DKI Jakarta sudah mencapai 578 unit dan ditargetkan akan mencapai 1.000 unit yang tersebar di DKI Jakarta pada akhir 2017.

Hasil

Saat dikonfirmasi mengenai hasil pengujian pada i8, Manajer Niaga dan Pelayanan Pelanggan PLN Distribusi Jakarta Raya Leo Basuki, mengatakan hasilnya cukup baik.

Simulasi pengisian bahan bakar listrik mobil Hybrid BMW i8  saat acara penyerahan kunci di Grand Hyatt, Jakarta, Kamis (20/4/2017). Penyerahan unit pertama kali dilakukan oleh BMW dengan penyerahan kunci secara resmi oleh President Director BMW Group Indonesia Karin Lim kepada pemilik pertamanya.KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELI Simulasi pengisian bahan bakar listrik mobil Hybrid BMW i8 saat acara penyerahan kunci di Grand Hyatt, Jakarta, Kamis (20/4/2017). Penyerahan unit pertama kali dilakukan oleh BMW dengan penyerahan kunci secara resmi oleh President Director BMW Group Indonesia Karin Lim kepada pemilik pertamanya.

"Pengujian kemarin secara langsung bukan dari pihak kami, tapi teman media. Hasilnya cukup baik, dalam arti SPLU yang kita punya sudah comply. Tapi memang tidak sampai penuh, karena SPLU yang kita punya bukan jenis fast charging, jadi mungkin butuh waktu lama untuk mengisinya," kata Leo saat dihubungi KompasOtomotif, Rabu (20/9/2017).

Menurut Leo, pihak lebih ke masalah sosialisasi mengenai SPLU. Mulai dari kegunaan serta fungsi untuk memenuhi kebutuhan daya dari kendaraan listrik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com