Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Tembakkan PCX Lokal, Yamaha Siap Menghindar

Kompas.com - 20/09/2017, 12:42 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Rumors yang menyebut bahwa Honda siap menembakkan PCX versi produksi lokal buat menghentikan laju Yamaha NMAX makin santer. Namun buat Yamaha, hal tersebut sudah diprediksi sebelumnya, dan mereka menyatakan siap menghindar dari kejaran, atau ”ambil jalan baru”.

Kiasan itu KompasOtomotif simpulkan dari pernyataan M Abidin, GM Aftersales & Public Relations PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Dia mengatakan bahwa ini adalah hal yang biasa dilakukan (Honda) sejak lama.

Baca: Honda PCX Lokal Bakal Lebih Premium dari NMAX

”Seperti dulu. Ada Mio, kompetitor masuk. Sport berkembang pakai V-Ixion, kompetitor masuk lagi. Ada NMAX, seperti biasa mereka masuk. Yamaha akan selalu moving, dan kami tidak akan meladeni face to face. Seperti biasa lagi, kami akan pikirkan yang lain, nggak mau disamain,” ujar Abidin.

Abidin juga mengatakan bahwa saat kompetitor masuk, belum tentu bisa langsung mengejar eksistensi NMAX. Butuh waktu, misalnya satu tahun. Di saat pengejaran yang dilakukan kompetitor mulai berjalan itulah, Yamaha siap memanfaatkan untuk mencari ide yang baru.

Yamaha NMAX (kiri) dan Honda All-New PCX beradu fitur untuk menarik minat konsumen.Kompas.com-Dino Oktaviano Yamaha NMAX (kiri) dan Honda All-New PCX beradu fitur untuk menarik minat konsumen.
”Kami sudah mikirin, dipukul pakai tangan kanan, kami akan menghindar. Masing-masing juga punya loyal customer, paling penting bagaimana menciptakan hubungan, mengembangkan sisi yang lain, misalnya custom dan customize, yang sekarang jadi ciri khas NMAX,” ucap Abidin.

Baca: Jangan Harap PCX Lokal Lebih Murah dari NMAX

Sebelumnya, bocoran dari sumber perusahaan, menyatakan bahwa Honda PCX versi lokal akan meluncur di ajang Tokyo Motor Show (TMS), Oktober 2017 nanti. Meski demikian, peluncuran tidak akan dilakukan tahun ini. Santer disebut bahwa skutik bongsor itu akan diperkenalkan tahun depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com