Kompas.com - 20/09/2017, 12:42 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Rumors yang menyebut bahwa Honda siap menembakkan PCX versi produksi lokal buat menghentikan laju Yamaha NMAX makin santer. Namun buat Yamaha, hal tersebut sudah diprediksi sebelumnya, dan mereka menyatakan siap menghindar dari kejaran, atau ”ambil jalan baru”.

Kiasan itu KompasOtomotif simpulkan dari pernyataan M Abidin, GM Aftersales & Public Relations PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Dia mengatakan bahwa ini adalah hal yang biasa dilakukan (Honda) sejak lama.

Baca: Honda PCX Lokal Bakal Lebih Premium dari NMAX

”Seperti dulu. Ada Mio, kompetitor masuk. Sport berkembang pakai V-Ixion, kompetitor masuk lagi. Ada NMAX, seperti biasa mereka masuk. Yamaha akan selalu moving, dan kami tidak akan meladeni face to face. Seperti biasa lagi, kami akan pikirkan yang lain, nggak mau disamain,” ujar Abidin.

Abidin juga mengatakan bahwa saat kompetitor masuk, belum tentu bisa langsung mengejar eksistensi NMAX. Butuh waktu, misalnya satu tahun. Di saat pengejaran yang dilakukan kompetitor mulai berjalan itulah, Yamaha siap memanfaatkan untuk mencari ide yang baru.

Yamaha NMAX (kiri) dan Honda All-New PCX beradu fitur untuk menarik minat konsumen.Kompas.com-Dino Oktaviano Yamaha NMAX (kiri) dan Honda All-New PCX beradu fitur untuk menarik minat konsumen.
”Kami sudah mikirin, dipukul pakai tangan kanan, kami akan menghindar. Masing-masing juga punya loyal customer, paling penting bagaimana menciptakan hubungan, mengembangkan sisi yang lain, misalnya custom dan customize, yang sekarang jadi ciri khas NMAX,” ucap Abidin.

Baca: Jangan Harap PCX Lokal Lebih Murah dari NMAX

Sebelumnya, bocoran dari sumber perusahaan, menyatakan bahwa Honda PCX versi lokal akan meluncur di ajang Tokyo Motor Show (TMS), Oktober 2017 nanti. Meski demikian, peluncuran tidak akan dilakukan tahun ini. Santer disebut bahwa skutik bongsor itu akan diperkenalkan tahun depan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.