Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Hyundai-Kia ”Bajak” Desainer Kelas Kakap

Kompas.com - 18/09/2017, 18:42 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Carscoops

Seoul, KompasOtomotif – Pantas saja desain mobil-mobil Hyundai dan Kia dalam beberapa tahun terakhir makin tampak modern dan dinamis. Grup produsen mobil asal Korea Selatan itu ”membajak” desainer-desainer top, mantan punggawa pada merek-merek besar Eropa.

Paling baru, grup Hyundai-Kia mengangkat Pierre Leclercq, Chief Designer BMW M Performance Division. Dia adalah pria berpaspor Belgia yang sudah pernah gabung dengan Zagato dan Ford Ghia Studio di Italia, sebelum berlabuh ke BMW.

Leclercq lalu meninggalkan merek Bavarian itu pada 2013 untuk bekerja sebagai kepala desain dari Great Wall Motors. Tawaran dari grup Hyundai-Kia menggoyahkannya, karena dia kini dipercaya sebagai Head of Styling untuk Kia.

Dia mungkin akan bertemu dengan rekan-rekan sejawat yang juga dari Eropa, termasuk Chief Design grup Peter Schreyer, mantan bos desain grup VW yang gabung duluan beberapa tahun lalu.

Pierre Leclercq, mantan desainer wahid BMW M, berlabuh ke Hyundai-Kia.carscoops Pierre Leclercq, mantan desainer wahid BMW M, berlabuh ke Hyundai-Kia.
Tak hanya itu, Leclercq juga akan bertemu dengan Luc Donckerwolke, mantan desainer VW yang kini ”pegang” merek Genesis. Masih ada mantan desainer Bugatti, Alexander Selipanov yang akan menemani Leclercq di Kia.

Perusahaan juga belakangan diketahui menggaet Chief Engineer BMW M, Albert Biermann untuk mengendalikan divisi N Performance dari Hyundai.

”Pierre Leclercq punya pandangan unik untuk desain kendaraan global. Pengalaman dan keahliannya akan membantu Kia untuk mengembangkan identitas desainnya pada beberapa tahun ke depan,” ujar Schreyer.

Baca: Goresan Desain Spektakuler Hothatch KIA Terbaru

Schreyer percaya, desain memainkan peran yang sangat penting untuk transformasi merek Kia, dan Pierre akan membantu untuk memastikan hal itu terjadi, secara konsisten, demi model-model baru yang akan meluncur.

Leclercq akan mulai bekerja September 2017 ini, dan dia akan memantau strategi desain Kia, mengoordinasikannya antara studio desain perusahaan di Korea Selatan, China, Eropa, dan Amerika Serikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Carscoops
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com