Calya Pimpin Pasar LCGC, Wagon R Makin Susut

Kompas.com - 18/09/2017, 07:02 WIB
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif - Mobil murah ramah lingkungan dan harga terjangkau (low cost green car/LCGC) masih menjadi segmen yang mengiurkan. Angka pertumbuhan tiap bulan memberikan kontribusi cukup tinggi bagi masing-masing produsen yang memasarkan.

Melihat data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), dari Januari sampai Agutus 2017, akumulasi penjualan tujuh LCGC yang dipasarkan lima ATPM sudah mencapai 162.141 unit. Sementara untuk model terlaris masih didominasi Toyota Calya.

Calya berhasil menempati urutan teratas dengan jumlah penjualan sepanjang 2017 mencapai 52.159 unit dengan market share 32 persen. Sedangkan pada Agustus, Calya terjual 5.992 unit, lebih tinggi dari bulan Juli yang hanya 5.572 unit.

Daihatsu Sigra yang merupakan saudara kembar Calya menempati urutan kedua dengan penjualan 5.473 unit. Sedangkan dari Januari hingga Agustus mencapai 28.293 unit.

Baca : Delapan Bulan Sigra Kawal Penjualan Daihatsu

Honda melalui Brio Satya menempati urutan ketiga. Sepanjang 2017 Satya terjual 26.709 unit, sementara untuk penjualan di Agustus sebesar 3.279 unit, turun dari bulan sebelumnya yang mencapai 4.143 unit.

Posisi keempat dan kelima lagi-lagi ditempati duet Agya dan Ayla. Toyota Agya menyumbang penjualan 3.303 unit pada Agustus dengan akumulasi total 22.946 unit, sementara Daihatsu Ayla 1.231 unit dengan jumlah keseluruhan sepanjang 2017, mencapai 21.382 unit.

Penjualan LCGC Januari-Agustus 2017 Penjualan LCGC Januari-Agustus 2017
Datsun Go dan Go+ menempati urutan keenam dengan total penjualan di 2017, dengan 6.920 unit. Pada Agustus angka penjualannya naik menjadi 1.140 unit dibandingkan bulan Juli.

Suzuki Wagon R menempati urutan terbawah, LCGC andalan Suzuki ini hanya terjual 222 unit pada Agustus, mengalami degradasi dibanding Juli. Sementara dari total penjualan, Wagon R baru berkontribusi sebanyak 3.732 unit sejak Januari sampai Agustus 2017.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.