Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SPBU Pertamina Pontianak Kejar Transaksi Non-Tunai

Kompas.com - 17/09/2017, 08:23 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - PT Pertamina (Persero) mulai melakukan uji coba transaksi non tunai pembelian bahan bakar minyak (BBM) di sejumlah SPBU. Setelah Jakarta dan Semarang, Pertamina resmi menandatangani perjajian Elektronifikasi Pembelian BBM Secara Non Tunai di seluruh SPBU Pontianak, Sabtu (16/9/2017).

General Manager Pertamina Marketing Operation Region VI Kalimantan Yanuar Budi Hartanto, menjelaskan penerapan transaksi non tunai di SPBU Pontianak merupakan perwujudan dari langkah mendukung Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT).

"Dengan dukungan Pemerintah Kota Pontianak, diharapkan implementasi cashless di Pontianak dapat menjadi role model bagi kota-kota lain mendukung implementasi pembayaran non tunai di SPBU," ucap Yanuar dalam siaran resminya, Satu (16/9/2017).

Sebelumnya, beberapa SPBU di Pontianak sudah lebih dulu menerapkan pola transaksi non tunai. Namun, dengan adanya penandatanganan MOU yang dilakukan bersama Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Barat dan Walikota Pontianak menjadi penanda dimulainya penerapan uang elektronik di seluruh SPBU Pontianak.

Baca : Sudah Berapa Pengguna "e-Money" di Indonesia

Sebagai tahap uji coba, proses sosialisasi dilakukan tiap hari Sabtu dan Minggu dengan memberlakukan satu jalur khusus pembayaran uang elektronik. Setelah masyarakat terbiasa, maka akan ditambah sebagai persiapan menuju transaksi non tunai di semua jalur SPBU pada Januari 2018.

Kartu pembayaran elektronik MyPertaminaStanly/KompasOtomotif Kartu pembayaran elektronik MyPertamina

"Per Januari 2018, semua jalur SPBU akan diberlakukan transaksi non tunai atau hanya menggunakan e-Money pada 21 SPBU di Pontianak," kata Area Manager Communication and Relation Pertamina Region Kalimantan Alicia Irzanova.

Jakarta

Menurut Vice President Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito untuk uji coba di Jakarta sudah mulai berjalan. Namun jumlah SPBU belum banyak.

"Untuk Jakarta kita fokus ke proses perbaikan sistemnya dulu agar terpadu, nanti kita infokan apa dan bagaimananya. Untuk uji coba baru di SPBU Fatmawati, bisa dilihat langsung di sana," ujar Adiatma kepada KompasOtomotif, Sabtu (16/9/2017).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com