Honda PCX Lokal Bakal Lebih Premium dari NMAX

Kompas.com - 16/09/2017, 09:02 WIB
EditorAgung Kurniawan


Jakarta, KompasOtomotif
– Setelah mendapat bocoran pasti kemunculan perdana skutik andalan terbaru Honda, PCX di ajang Tokyo Motor Show (TMS), Oktober 2017, informasi lain terus mengalir. Salah satu yang pasti, PT Astra Honda Motor (AHM) bakal menciptakan PCX rakitan lokal dengan cita rasa lebih premium ketimbang kompetitor (NMAX).

“Sesuai segmen (premium), memang PCX beda dengan kompetitor. Jadi tidak akan semurah dia (NMAX),” kata sumber AHM kepada KompasOtomotif, belum lama ini.

Lalu seperti apa wujudnya? Sang sumber masih belum mau menjelaskan lebih jauh. “Tetapi, wujud serta ekslusivitas PCX lawas akan terjaga buat konsumen nantinya,” jelas sumber singkat.

Honda PCX lokal dipastikan tidak akan dijual tahun ini. Meski belum putus, tetapi gelagat peluncuran kuartal pertama 2018 sudah mulai terdengar dari pihak manajemen AHM.

Baca juga: Jangan Harap PCX Lokal Lebih Murah dari NMAX

Versus Vietnam

AHM, jelas sumber, akan bersaing dengan Vietnam yang sebelumnya didapuk jadi basis produksi PCX di kawasan Asia. Bahkan, Honda Vietnam, disebut-sebut juga lagi menyiapkan versi baru PCX yang nantinya bakal bersaing dengan buatan Indonesia.

“Mereka juga lagi siapin. Tapi, salah satu target kita kan ekspor,” kata si sumber.

  Mengacu data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), periode Januari-Agustus 2017, Honda sudah memasok 4.400 unit PCX, impor CBU dari Vietnam. Kalau dibandingkan dengan rival, Yamaha NMAX, masih kalah telak, dengan penjualan 160.128 unit. Parahnya lagi, sampai saat ini konsumen Yamaha harus inden kalau mau beli NMAX, sekitar dua bulanan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.