Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Volvo Kenalkan Teknologi "I-Shift" dan "Crawler Gears"

Kompas.com - 14/09/2017, 08:02 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Volvo Truck (VT) dan Volvo Construction Equipment (VCE) hadir meramaikan Indonesia Mining 2017 di JIExpo Kemayoran. Kedua perusahaan asal Swedia tersebut membawa pasukan kendaraan alat berat yang biasa digunakan dalam industri pertambangan.

"Sejak 40 tahun Volvo Group di Indonesia berkomitmen menyediakan peralatan hemat bahan bakar dan produktif. Penampilan kendaran Volvo di ajang Indonesia kali ini menandai pertama kalinya produk ini diperkenalkan secara resmi dalam pameran wilayah Asia," kata Valery Muyard, Presiden Direktur dan Kepala Volvo Trucks Indonesia, Rabu (13/9/2017).

VCE hadir menampilkan EC950E yang merupakan escavator terbesar Volvo, bersama kendaraan Articulated Dump Truck (ADT) terbesar di dunia, A60H. Kedua raksasa tersebut hadir mendampingi tiga model truk Volvo yang telah mendapat penyegaran teknologi berupa I-Shift dan crawler gears, yakni FMX 400 8X4R, FMX 440 6X6R, dan FH 16 610 5X4T.

Transmisi matik I-Shift pada Volvo TrukStanly/KompasOtomotif Transmisi matik I-Shift pada Volvo Truk

I-Shift dan crawler gears, memungkinkan truk Volvo bergerak dengan mengangkut beban berat dalam kondisi ekstrem. Kedua teknologi tersebut menawarkan pengalaman baru dalam mengendarai heavy duty truck dengan transmisi otomatis.

Baca : Mercy Tawarkan Truk Lokal ke Pertambangan Indonesia

Teknologi crawler memungkinkan truk melaju dengan kecepatan terendah, yakni 0,5-2 kpj, seperti sedang merayap. Fitur tersebut sangat membantu ketika mengangkut beban berat dalam permukaan yang cukup terjal.

Aplikasi crawler gears diklaim menawarkan banyak fleksibilitas dan kemungkinan penghematan bahan bakar yang lebih baik. Dikolaborasikan dengan rasio rear axel yang sesuai membuat putaran mesin pada kecepatan tinggi lebih optimal yang berdampak pada penekanan bahan bakar yang lebih rendah di jalan raya.

Volvo Truck di Indonesia Mining 2017Stanly/KompasOtomotif Volvo Truck di Indonesia Mining 2017

Dengan teknologi tersebut, Volvo menjamin line-up kendaraan niaga yang ditawarkan memiliki banyak keuntungan dan bisa diandalkan dalam melakukan pekerjaan yang lebih berat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com