Kendala Transaksi e-Money, Ini Solusi Jasa Marga

Kompas.com - 12/09/2017, 18:02 WIB
Transaksi non-tunai menggunakan kartu e-toll cuma butuh waktu 2-3 detik (GARRY ANDREW LOTULUNG/Kompas.com)Transaksi non-tunai menggunakan kartu e-toll cuma butuh waktu 2-3 detik
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif - Pelaksanaan transaksi non tunai di jalan tol mendapat beberapa keluhan dari konsumen pengguna uang elektronik ( e-Money). Mulai dari masalah struk pembayaran yang sering habis, mesin tapping yang kurang responsif atau lemot, sampai jarak tapping yang masih sulit dijangkau oleh sebagian pengendara.

Menanggapi kondisi ini, Herry Trisaputra Zuna Kepala Badan Pengatur Jalan Tol ( BPTJ) PT Jasa Marga (persero) Tbk, menjelaskan, beberapa keluhan sudah ditampung dan didiskusikan untuk perbaikan di lapangan.

"Kita sudah dengar (keluhan) memang, tapi kita kumpulkan dulu. Kita upayakan ada perbaikan dalam waktu singkat, saat ini kita pelajari dulu beberapa yang bisa dicari solusinya," kata Herry kepada KompasOtomotif, Selasa (12/9/2017).

Upgrade

Menurut Herry, untuk masalah mesin pembaca kurang sensitif memang ada di beberapa gerbang tol. Namun Herry pun sudah meminta pihak bank dan vendor agar segera menarik dan mengganti yang baru.

Baca : Fix, Mulai 31Oktober Jasa Marga Tolak Tunai

"Kita sudah minta untuk di-upgrade agar bisa comply dengan kartu elektronik yang ada saat ini, karena itu kan bukan dari kami. Memang ada beberapa reader yang perlu diganti, kalau tidak salah jumlahnya sekitar 100-an unit," ucap Herry.

Pintu GTO di CibuburStanly/KompasOtomotif Pintu GTO di Cibubur

Sebelumnya, Direktur Operasional II PT Jasa Marga Tbk, Subakti Syukur, juga menjelaskan hal senda. Selain reader, Jasa Marga juga sedang meminta pihak bank untuk menarik kartu e-money lawas karena dianggap sudah kedaluwarsa.

"Ada beberapa kartu lawas keluaran pertama yang kita minta tarik, itu keluaran 2008 sampai 2010 karena sudah kedaluwarasa. Jadi saat digunakan mesin bacanya lama, tidak cepat," ucap Subakti.

Baca : Keluhan Pengguna Transaksi Non Tunai di Jalan Tol

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X