Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tata ”Siap Lahir Batin” Pasok Angkot Ber-AC

Kompas.com - 11/09/2017, 12:37 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotifq – Wacana angkot harus ber-AC pada Februari 2018 mendatang disikapi para pemegang merek dengan serius. Salah satu yang cukup siap dengan aturan baru itu adalah PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) yang kini konsentrasi memasarkan kendaraan niaga.

Salah satu jagoannya, Tata Super Ace, diklaim cocok untuk angkot akslusif. Beberapa kali merek asal India ini berusaha meyakinkan pengusaha angkot soal wacana angkot Ber-AC via banyak sponsored content di media sosial.

Tak hanya bermesin diesel 1.400 cc—satu-satunya pikap diesel—, TMDI juga menunjukkan kesiapan itu via salah satu varian yang sudah dilengkapi penyejuk kabin dan power window.

Kiki Fajar Harianto, Corporate Communication Head TMDI, kepada KompasOtomotif, (11/9/2017), mengatakan bahwa diler Tata siap membantu apa yang dibutuhkan konsumen dalam rangka menyukseskan program pemerintan tersebut.

Baca: Angkot Harus Ber-AC, Suzuki Persiapkan Diri

”Kami serahkan ke mekanisme pasar. Jika memang (sudah) regulasi, pasti pemerintah akan menysosialisasikan ke koperasi atau pengusaha angkot. Intinya kami siap,” kata Kiki.

Angkot Tata Super Ace sudah banyak ditemui di jalanan. Selain bermesin diesel, kendaraan tersebut juga punya dimensi lebih besar yang menjadi salah satu keunggulan untuk mengangkut lebih banyak penumpang sekali ”narik”.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sudah mewacanakan untuk memberlakukan Permenhub Nomor 29 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum dalam Trayek mengerucut.

Mulai Februari 2018 mendatang, semua angkot wajib ber-AC untuk menjaga kenyamanan penumpang selama perjalanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com