Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Jagokan Mega Carry buat Angkot Ber-AC

Kompas.com - 08/09/2017, 13:59 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Ketika nanti Permenhub Nomor 29 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum dalam Trayek, yang mewajibkan angkot pakai AC, Suzuki tak bakal kelabakan. Ada produk yang sudah mendukung, yakni pikap Mega Carry.

Biasanya, angkot dibangun dari sasis atau pikap yang kemudian dikaroseri sebagai mobil angkutan umum. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) punya andalan di segmen itu, yakni Carry (Futura) dan Mega Carry (APV).

Saat ini Carry lebih laris ketimbang Mega Carry (Baca: Mengapa Carry Lebih Laku ketimbang Mega Carry? ), namun jika permasalahannya adalah AC, maka SIS siap menyodorkan model lainnya, atau opsi yang akan dikembangkan lagi.

”Kami kan punya pikap Mega Carry yang nggak pakai AC, dan ada tipe yang sudah ber-AC plus power steering. Konsumen tinggal memilih jika memang sifatnya peremajaan. Tapi kembali lagi, kami akan menunggu teknisnya,” kata Donny Saputra, Direktur Pemasaran SIS, (7/9/2017), kepada KompasOtomotif.

Suzuki Carry pikap mendapat penyegaran pada eksterior dan interior.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Suzuki Carry pikap mendapat penyegaran pada eksterior dan interior.
Harold Donnel, 4W Head of Product Development SIS, pernah memilah tipikal konsumen pengguna Carry itu beberapa waktu silam. Dia mengatakan bahwa ada dua tipe penggunya, yakni orang yang beli mengoperasikan sendiri, dan orang yang beli, lalu meminta orang untuk menyetir.

Mega Carry lahir untuk memenuhi kebutuhan orang tipe pertama dengan AC plus power steering. Seiring dengan berjalannya waktu, jika memang kebutuhan angkot ber-AC makin tinggi, model ini akan disodorkan sebagai yang utama.

Sementara Carry (Futura) masih belum ada AC dan PS, hal itu lebih karena mobil dianggap fungsional. Setelah survei, mobil-mobil yang fungsional seperti ini, penggunaannya dipakai untuk mengangkut beban yang lebih banyak dan menggunakan sopir, misalnya angkot.

Tapi, masih ada kemungkinan SIS menyediakan Carry yang ber-AC dan  power steering jika memang kebutuhan angkot dengan spesifikasi standar seperti hal tersebut makin tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com