Merek Mobil Jepang, Makin “Wangi” di China

Kompas.com - 05/09/2017, 16:02 WIB
Honda Avancier. NikkeiHonda Avancier.
|
EditorAgung Kurniawan

Guangzho, KompasOtomotif – Pergulatan merek mobil top asal Jepang di China, terus mencetak hasil positif. Penjualannya melonjak signifikan pada Agustus, didorong segmen SUV dan mobil kompak. Kenaikan in terjadi di tengah perlambatan pertumbuhan pasar secara keseluruhan.

Mulai dari merek Honda yang meningkat 20,6 persen atau terjual sampai 128.671 unit. Ini menandai kenaikan delapan tahun berturut-turut dan tujuh kali pertumbuhan dua digit. Penjualan SUV XR-V naik 28 persen menjadi 17.300 unit, menjadikannya sebagai top seller Honda di China.

Penyegaran produk seperti Avancier terbaru dan SUV UR-V juga membantu mendorong bisnis. Sedan andalan Honda Civic, melesat jauh dari biasanya, dengan penjualan naik 67 persen, atau menjadi 14.315 unit.

Toyota

Kemudian Toyota, yang berhasil mencatatkan  pertumbuhan sepanjang tujuh bulan berturut-turut, dengan penjualan yang naik 13,2 persen atau menjadi 108.500 kendaraan. Model kmpak Corolla kompak menyumbang sampai 29.000 unit, 7 persen lebih banyak dari tahun sebelumnya.

Baca juga : Raksasa Otomotif China Siap “Caplok” Jeep

Hasil manis Toyota juga diapat dari upayanya merangsang pembelian melalui pameran otomotif regional, seperti di Chengdu dan di tempat lain. Kerja keras tersebut nampaknya telah terbayar, di mana terlihat dari peningkatan hasil di Agustus 2017 ini.

Mazda

Kemudian yang beruntung ketiga adalah Mazda. Mereka berhasil meningkatkan penjualan sebesar 8,4 persen, atau mencapai 25.612 unit.  Seperti Toyota, ini juga merupakan kenaikan ketujuh berturut-turut di 2017.

Penyumbang penjualan terbesar yaitu model Mazda3, di mana penjualannya meningkat 2 persen atau  menjadi 11.384 unit.

Pasar otomotif China secara keseluruhan telah kehilangan kecepatan akhir-akhir ini, di mana hanya menunjukkan pertumbuhan penjualan 4 persen year-on-year, selama tujuh bulan pertama tahun 2017.

Merek mobil Eropa dan Amerika harus menerima perlambatan ini, sementara Hyundai harus rela mengalami penurunan penjualan, yang jauh di bawah level tahun sebelumnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.