Pasca-Brexit, Otomotif Inggris Dekati Jepang

Kompas.com - 04/09/2017, 15:17 WIB
Inggris berusaha dekati Jepang agar tak terpukul setelah Brexit. carscoopsInggris berusaha dekati Jepang agar tak terpukul setelah Brexit.
|
EditorAgung Kurniawan

Tokyo, KompasOtomotif – Inggris berusaha mendekati pemerintah Jepang dengan kerjasama bilateral agar terhindar dari dampak luas dari keputusan meninggalkan Uni Eropa (British Exit/ Brexit). Perdana Menteri Inggris Theresa May ”kasak-kusuk” untuk meyakinkan pebisnis dan politisi dalam kunjungannya Jepang, belum lama ini.

Kepada Reuters, akhir Agustus 2017 lalu, sumber dari pemerintah Inggris mengatakan, bahwa May sudah bertemu dengan Chairman Toyota, Takeshi Uchiyamada, CEO Nissan Hiroto Saikawa, dan Chairman Hitachi, Hiroaki Nakanishi dalam kunjungan tersebut.

”Tujuan kami agar kesepakatan (tentang perjanjian kerjasama) segera diberlakukan. Pertemuan itu berlangsung antusias dan positif,” ujar sang sumber mengklaim kondusifnya rencana Inggris mendekati Jepang.

Sejak Brexit terjadi pada Juni 2016 lalu, kekhawatiran yang terjadi adalah masa depan industri mobil di Inggris. Ketika Inggris keluar dari Uni Eropa, ekspor kendaraan akan lumayan terpukul jika produsen di sana tak bisa menghadirkan komponen lebih banyak dari Inggris/ lokal.

Chief Executive Society of Motor Manufacturers and Traders, Mike Hawes, mempercayai bahwa Brexit akan berdampak luas bagi industri otomotif di Inggris.

”Berdasarkan aturan WTO, 10 persen tarif akan diberlakukan untuk kendaraan (yang masuk ke Inggris) dan rata-rata 4,5 persen untuk komponen. Biaya produksi kendaraan di Inggris akan bertambah ketimbang para kompetitor. Daya saing Inggris akan tergerus. Biaya kepemilikan mobil uintuk konsumen di Inggris akan naik,” ujar Hawes kepada Financial Times, Juli 2017 lalu.

Belum bisa disimpulkan, apa bentuk kongkret kerjasama yang dilakukan Jepang dan Inggris soal ini. Yang pasti, kerjasama akan diarahkan agar produksi mobil dan produk kendaraan lokal di Inggris masih bisa bersaing.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.