Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Berapa Pengguna "e-Money" di Indonesia?

Kompas.com - 04/09/2017, 14:43 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Mulai 31 Oktober 2017, PT Jasa Marga (persero) Tbk, menolak pembayaran secara tunai di semua pintu tol yang ada di Indonesia. Semua transaksi harus dibayar menggunakan uang elektronik (e-Money), seperti e-toll atau kartu sejenisnya.

Langkah ini diambil mengikuti program Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang dicanangkan pemerintah dan Bank Indonesia (BI). Lantas, sudah siapkah masyarakat menerima regulasi baru ini dan sudah berapa persen yang menggunakan transaksi menggunakan uang elektronik sekarang ini, di Indonesia?

"Dari data pengguna e-Toll secara nasional itu 33,5 persen, di Jabodetabek kisarannya 38-40 persen, kalau Bali 17 persen. Kita harapkan akan ada peningkatan dari sosilaisasi yang sudah dilakukan," ucap Direktur Operasi II PT Jasa Marga Subakti Syukur saat berbincang dengan KompasOtomotif, Senin (4/9/2017).

Subakti mengharapkan adanya kesadaran masyarakat agar semuanya bisa berjalan normal, penggunaan e-toll juga diklaim lebih mudah dan cepat dibandingkan pembayaran tunai.

Baca : Fix, mulai 31 Oktober Jasa Marga Tolak Tunai

"Siap tidak siap memang sudah harus nantinya, karena memang saat sudah diberlaku sudah tidak ada lagi transaksi tunai, semuanya cashless. Jadi pengguna mobil yang mau masuk tol harus punya kartu," kata Subakti.

Menurut Subakti, sampai saat ini gerbang tol yang bisa melakukan tapping sendiri sudah 50 persen lebih dan akan mencapai 90 persen di akhir September 2017 ini. Nantinya secara serentak pada 31 Oktober semua sudah mampu mengakomodir seluruh transaksi elektronik tanpa ada pembayaran tunai lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com