Mobil Swakemudi Pengantar Pizza

Kompas.com - 04/09/2017, 10:22 WIB
Ford Fusion Hybrid Autonomus Research Vehicle Ford Fusion Hybrid Autonomus Research Vehicle
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAgung Kurniawan

Michigan, KompasOtomotif - Ford sedang mengembangkan teknologi swakemudi di Amerika Serikat. Menariknya, mobil otonomus ini bukan untuk keperluan penjualan ke konsumen melainkan dijadikan operasioanl jasa pengiriman pizza.

Dilansir dari Carscoops, Ford menggandeng Domino's Pizza menguji kendaraan tanpa sopir untuk pengiriman pizza ke rumah-rumah konsumen. Selama pengetesan, kedua perusahaan tersebut akan melihat langsung reaksi pelanggan dalam berinteraksi dengan mobil swakemudi.

"Kami telah menyaksikan perkembangan kendaraan swakemudi dengan sangat menarik. Kami sangat antusias membantu penelitian tentang bagaimana kendaraan otonomus dapat berperan mengirim pizza di masa depan, ini adalah langkah awal dalam proses pengujian yang akan terus berlanjut dengan Ford," ucap CEO Domino Patrcik Doyle.

Domino's Pizza senditi memang sering melakukan pengujian unik dalam pengiriman pizza ke tangan konsumen. Beberapa waktu lalu di Selandia Baru, Domino sudah mencoba mengantar pizza menggunakan sebuah robot dan drone.

Ford Fusion Hybrid Autonomus Research Vehicle Ford Fusion Hybrid Autonomus Research Vehicle
Baca : Aplikasi Otonomus Butuh Waktu Panjang di Indonesia

Sedangkan untuk Ford, pengujian ini juga sangat berperan penting dalam membantu pengembangan mobil otonomus yang siap diproduksi pada 2021.

"Kami meningkatkan pemahaman mengenai peluan bisnis mobil otonomus yang bukan hanya berorientasi pada kendaraan pribadi, tapi juga untuk pengiriman barang," ucap Vice President Ford Autonomous and Electric Vehicle Sherif Marakby.

Ford Fusion Hybrid Autonomus Research Vehicle Ford Fusion Hybrid Autonomus Research Vehicle

Dalam beberapa minggu ke depan, pelanggan Domino's Pizza di Ann Arbor, Michigan akan mendapatkan pesanannya dari Ford Fusion Hybrid Autonomus Research Vehicle. Setelah memesan pelanggan bisa memantau pergerakan pengiriman dengan GPS yang disediakan melalui aplikasi, begitu kiriman tiba, pelanggan akan menerima pesan singkat dengan kode unik guna membuka kompartemen.

Baca : Rasanya "Disetirin" Fitur Semi Otonomos BMW Seri 5

Sayangnnya mobil tanpa kemudi ini memiliki batasan dalam hal pengiriman. Contohnya hanya bisa mengantar pesanan sampai di halaman rumah atau pinggir jalan, jangan berharap bisa diantar sampai depan pintu seperti pengiriman konvensional yang menggunakan jasa kurir.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Carscoops
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X