Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Indonesia Kirim Pebalap ke World Supersport 300

Kompas.com - 03/09/2017, 15:35 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Yamaha Indonesia tampilnya Galang Hendra di seri ke-7 World Supersport 300 pada 2017 yang digelar di sirkuit Autodromo Internacional do Algarve, Portimao, Portugal, 17 September mendatang.

Pebalap asal Yogyakarta itu mendapatkan wild card, siap menunggangi Yamaha YZF-R3 bersama Motoxracing Team. Dia akan tandem dengan rekan setim, rider asal Ukraina, Mykyta Kalinin.

World Supersport 300 adalah kelas baru di World Superbike Championship yang mulai digelar tahun ini. Tujuannya, mengembangkan bakat pebalap muda berusia minimal 15 tahun dari seluruh dunia.

Partisipasi Galang Hendra di ajang ini menjadi salah satu pencapaian internasionalnya, diperoleh berkat skill dan ketekunan Galang berkompetisi secara bertahap mulai dari Yamaha Cup Race, berbagai kejuaraan nasional, sampai ke Asia Road Racing Championship.

Galang juga sempat ditempa di program Master Camp VR46 Riders Academy di Italia, langsung dimentori oleh Valentino Rossi.

”Ini kesempatan berharga buat Galang, mengenyam pengalaman dan menambah jam terbang di World Supersport 300, menggunakan YZF-R3 global model produksi Yamaha Indonesia yang laris di pasar global. Saya yakin dia cepat beradaptasi,” ujar M. Abidin, GM After Sales & Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dalam siaran resmi (2/9/2017).

Persiapan
Sebagai langkah persiapan, Galang didampingi Manager Tim Yamaha Racing Indonesia akan bertolak dari Jakarta ke Roma Italia pada 1 September mendatang. Dua hari kemudian, dia dijadwalkan menggeber YZF-R3 pada tes di sirkuit ACI Vallelunga, Roma, Italia, dilanjutkan dengan latihan di trek kart Saggittario Latina.

Dari Roma, Galang ke Tavullia tempatnya berguru di VR46 Riders Academy. Di area itu dia menyempatkan diri menyaksikan MotoGP Misano di Misano World Circuit. Lalu, pada 13 September, dia berangkat ke Portimao, Portugal, untuk mempersiapkan diri tampil di World Supersport 300.

Usai mencicipi level balapan kelas atas internasional itu, Galang kembali tampil di Asia Road Racing Championship seri 5 di India. Kesempatan bagus untuk Galang Hendra ini akan dijalankan bekerjasama dengan YMC (Yamaha Motor Company), YME (Yamaha Motor Europe) dan YMR (Yamaha Motor Racing).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com