Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/09/2017, 10:03 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Frankfurt, KompasOtomotif – Perlahan-lahan pada produsen mulai melakukan penetrasi di pasar mobil listrik (electric vehicle/EV), seperti salah satunya Honda. Merek asal Jepang tersebut, mulai menyebar teaser mobil listriknya (Electric Vehicle/EV), dan akan diperkenalkan di Frankfurt Motor Show, 14-25 September 2017.

Mengutip Autonews, Jumat (1/9/2017) mobil listrik yang akan menyasar Eropa ini akan menjadi salah satu dari dua EV Honda yang akan diluncurkan dalam waktu dekat. Di mana yang pertama adalah model EV khusus untuk pasar China, dan akan dijual tahun depan.

Disebut Uban EV Concept, pihak Honda mengatakan kalau ini bakal menentukan arah model produksi masa depan. Namun, mereka masih belum memberikan informasi lebih detail soal mobil listrik ini.

Melalui produk ini, Honda berharap bisa menjual mobil listrik sepertiga dari total keseluruhan produknya yang ada di Eropa pada 2025. Nama "Urban" sendiri memberi petunjuk, kalau model ini bakal berukuran kompak atau subkompak, yang akan menjadi penantang Renault Zoe atau Nissan Leaf.

Baca juga : Honda Tergiur Insentif Mobil Listrik Thailand

Sebagai bagian dari rencana elektrifikasi untuk Eropa, Honda juga akan membuka selubung prototipe versi hibrida CR-V baru di Frankfurt, sebelum model produksinya dihadirkan. Ini juga merupakan pertama kalinya CR-V baru ditampilkan di Eropa, setelah penampilan perdananya di pasar Amerika akhir tahun lalu.

Takahiro Hachigo, CEO Honda juga mengatakan pada bulan Juni tahun ini, mereka akan menargetkan dua pertiga penjualan globalnya, adalah model mobil yang menggunakan powertrains listrik, pada tahun 2030.

Selain Eropa dan China, Honda juga sudah siap memproduksi mobil ramah lingkungannya di Thailand, menyusul penetapan regulasi dan skema insentif yang sudah dilakukan pemerintah Negeri Gajah Putih itu pada Maret 2017 lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com