Ekspor ke Australia, TMMIN Masih Penjajakan

Kompas.com - 31/08/2017, 07:01 WIB
TMMIN mulai produksi Fortuner baru di Karawang, Jawa Barat. Donny Apriliananda/KompasOtomotifTMMIN mulai produksi Fortuner baru di Karawang, Jawa Barat.
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAgung Kurniawan

Karawang, KompasOtomotif - Toyota siap meninggalkan Australia pada Oktober 2017 mendatang. Kondisi ini menjadi angin segar bagi Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMIIN) untuk melebarkan lingkup ekspor, terlebih dengan adanya kerja sama Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IACEPA).

Meski mengakui peluangnya cukup baik, namun Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono, menjelaskan, saat ini masih mengamati pasar di Australia terlebih dahulu.

"Australia ada dua macam, produk matching dan spesification. Australia juga sudah pakai standar safety Euro sedang kita masih Asean NCAP. Kalau seperti safety Euro kan ada parts-parts atau vehicle-nya sendiri, karena itu kita masih amati lebih dalam," kata Warih di Karawang, Jawa Barat, Rabu (30/8/2017).

Senada dengan Warih, Direktur Administrasi, Corporate, & External Affairs Bob Azam, juga mengatakan hal yang sama. Menurut Bob, untuk melakukan ekspor ada beberapa hal yang harus dipersiapkan lebih dulu.

Baca : TMMIN "Menyelam" Langsung ke Pasar Australia

Ekspor Toyota dari Indonesia sudah berjalan selama 30 tahun, jumlah unit yang diekspor sudah menapai 1 juta unit.TMMIN Ekspor Toyota dari Indonesia sudah berjalan selama 30 tahun, jumlah unit yang diekspor sudah menapai 1 juta unit.

"Ada yang harus disiapkan untuk melakukan itu (ekspor ke Australia), mulai dari regulasi free trade-nya dan yang kedua produk-produk kita cocok tidak dengan pasar di Australia," kata Bob dikesempatan yang sama.

Baca : Toyota Buka Program Diploma 2

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dari sisi produk, Bob menjelaskan pasar di Australia lebih ke segmen mobil middle up dan SUV. Kemungkinan besar, bila TMMIN masuk ke Australia akan memawa model yang sesuai.

"Seperti Camry, Vios, Hilux, dan SUV, kita sesuaikan lah nanti," ucap Bob

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.