Banyak ”Tangan Jahil” Rekayasa Desain Suzuki Ertiga Baru

Kompas.com - 29/08/2017, 14:02 WIB
Rendering Suzuki Ertiga generasi baru. indianautosblogRendering Suzuki Ertiga generasi baru.
|
EditorAgung Kurniawan

New Delhi, KompasOtomotifSuzuki Ertiga rasanya memang harus ganti muka. Buktinya, banyak desainer yang sudah gatal merekayasa desain baru MPV 7-seater itu. Dalam beberapa bulan terakhir, ada tiga spekulasi render-an (gambar rekayasa digital), menunjukkan antusiasme model baru.

Belakangan, beredar rendering dari India, Minkara, yang melempar Ertiga generasi kedua. Spekulasi tak beda jauh dari sebelumnya, meminjam tampang All New Swift di bagian depan. Ternyata maraknya spekulasi itu karena tahun Maruti Suzuki siap mengenalkan generasi kedua itu tahun depan.

Baca: Spekulasi Wajah Elegan Suzuki Ertiga Baru

Dilihat dari desain Minkara, tampang kelihatan lebih kontemporer dan agresif. Makanya, desainer memberi nama Maruti Ertiga Sport. Fascia depan punya mata lebih sipit, tapi lubang angin bawah dan rumah lampu kabut jadi semakin besar.

Saat ini, Ertiga masih menggunakan platform seperti yang digunakan generasi Swift sebelumnya. Nah, pada 2018 nanti, Suzuki siap menggunakan platform Heartect yang lebih panjang.

Desain baru sasis itu lebih ringan Rp 120 kg dengan jarak sumbu roda yang makin panjang. Platform yang panjang memungkinkan penumpang baris ketiga mendapat ruang kaki lebih lega.

Mesin menggunakan dua tipe, 1.500 cc diesel dan 1.500 cc bensin seperti yang dipakai Ciaz. Seri model Suzuki yang menggunakan platform Heartect adalah Swift pada 2018.

Baca juga: Xpander Datang, Ertiga Banting Harga

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X