Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mesin Marquez “Meledak”, Vinales Hampir Celaka

Kompas.com - 29/08/2017, 08:01 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Silverstone, KompasOtomotif – Seri MotoGP ke-12 yang berlangsung di Sirkuit Silverstone, Inggris, Minggu (27/8/2017), menjadi mimpi buruk bagi pebalap andalan Honda, Marc Marquez. Dirinya harus rela pulang tanpa poin.

Di sisa 7 lap, mesinnya mengalami masalah dan mengeluarkan asap tebal, serta membuatnya harus mengakhiri balap. Namun, ada cerita lain dibalik masalah Marquez, di mana Maverick Vinales yang ada tepat di belakangnya, hampir ikut celaka. VInales menyebut kalau ledakannya tepat berada di depan wajahnya.

“Saya melihat ledakan persis di depan wajah saya. Itu sangat menakutkan, karena saya tidak tahu apakah yang keluar dari motor Marquez itu minyak atau air, dan saya melakukan pengereman 30 meter lebih awal dari yang seharusnya,” ucap Vinales mengutip Motorsport.com, Senin (28/8/2017).

“Saya bersyukur bahwa minyak atau air tersebut tidak menyentuh roda, karena jika itu terjadi, bakal menjadi sebuah bencana besar,” tutur Vinales.

Baca juga: Thailand Resmi Geser Indonesia Jadi Tuan Rumah MotoGP

Tertinggal Jauh

Karena kehilangan kecepatan saat menghindari bencana tersebut, Vinales harus tertinggal jauh dari Dovizioso dan Rossi soal catatan waktu. Itu juga menyebabkan dirinya, gagal untuk merebut puncak podium di GP Inggris.

“Saya kalah banyak dibanding Valentino dan Dovizioso karena pengereman itu, dan mereka menjadi jauh lebih cepat tambahnya. Padahal saya merasa sangat hebat baik dengan tunggangan sejak lap pertama, hanya mencoba untuk menghemat ban sampai akhir,” ucap Vinales.

“Namun yang penting, kami bisa bangkit kembali dan mencoba memperjuangkan kemenangan, dan begitu juga motornya sudah bekerja dengan baik, jadi saya senang untuk itu,” ucap Vinales.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com