Kompas.com - 28/08/2017, 15:51 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Bukittinggi, KompasOtomotif – Pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 lalu, PT Astra Honda Motor (AHM) memamerkan sosok trail kecil, ditengarai 150 cc, berdampingan dengan CRF 450 Dakar Rally. Tanda-tanda meluncur sudah pasti, tapi para pendamba harap lebih bersabar.

Belum ada kepastian peluncuran, namun Direktur Pemasaran AHM Thomas Wijaya mengaku sedang melakukan studi intensif dengan sepeda motor trail 150 cc itu. Kebutuhan segmen adventure memang sedang naik.

Baca: Kode Keras Kehadiran Motor Trail 150 Cc Honda

”Kami lihat beberapa tahun terakhir berkembang. Kalau dulu lebih ke racing, full fairing, (motor) sport sekarang diferensiasinya melebar. Pada dua atau tiga tahun terakhir pergerakannya ke sana (adventure),” ujar Thomas, di sela rangkaian Honda Bikers Day, Bukittinggi, (26/8/2017).

AHM pelan-pelan mengenalkan motor-motor unggulan di segmen adventure. Mulai Africa Twin, sampai CRF250 Rally. Khusus yang terakhir, Thomas mengatakan bahwa penjualannya stabil di kisaran 70-80 unit sebulan dalam lima bulan terakhir.

”Masih studi dengan masuk ke segmen premium dulu. Potensi ke arah (motor adventure) 150 cc memang benar,” ujar Thomas.

Studi AHM soal motor ini cukup kompleks. Tak hanya apakah CRF150 bakal keluar atau tidak. Lebih dari itu, model, timing, sampai tempat produksi yang paling cocok (produksi sendiri atau impor) juga sedang ditimang.

Pasar paling menggiurkan masih di kawasan Pulau Jawa. Meski daerahnya relatif tak membutuhkan sepeda motor adventure seperti pulau-pulau lainnya, namun Thomas menegaskan bahwa pasar motor trail tak cuma buat daerah dengan berkontur off-road, tapi juga untuk ”pasar hobi”.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.