PLN Klaim SPLU Motor Listrik Mudah Ditemui

Kompas.com - 26/08/2017, 07:42 WIB
Stasiun penyedia listrik umum (SPLU) milik PLN IstimewaStasiun penyedia listrik umum (SPLU) milik PLN
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAgung Kurniawan


Jakarta, KompasOtomotif - PT Perusahaan Listrik Negara ( PLN) sudah menyiapkan stasiun penyedia listrik umum ( SPLU) yang jumlahnya diklaim lebih dari 500 unit. Hal ini dilakukan sebagai persiapan infrastruktur memenuhi kebutuhan listrik masyarkat serta menyambut kedatangan era kendaraan listrik, baik sepeda motor maupun mobil.

Manajer Niaga dan Pelayanan Pelanggan PLN Distribusi Jakarta Raya Leo Basuki, menjelaskan, SPLU yang dinamakan Beji Lintar ini sebenarnya untuk mengkomodir kebutuhan listrik masyarakat, bahkan menjadi pencegahan dari maraknya aksi pencurian listrik.

Baca : PLN Klaim Sudah Punya 500-an SPLU buat Kendaraan Listrik

"Karena banyak pencurian kita bikin SPLU, selain merugikan hal pencurian listrik juga berbahaya. Letaknya bukan di dalam kantor PLN, tapi beberapa tempat umum untuk membantu masyarakat yang membutuhkan listrik seperti UMKM (usaha mikro, kecil, dan menegah), PKL (pedagan kaki lima), sampai bila sedang ada outdoor events," kata Manajer Niaga dan Pelayanan Pelanggan PLN Distribusi Jakarta Raya Leo Basuki, saat dihubungi KompasOtomotif, Jumat (25/8/2017).

Leo menjelaskan bahwa program SPLU sudah berjalan sejak Agustus 2016. Berangkat dari hal tersebut, SPLU saat ini juga bisa dimanfaatkan untuk pengisian daya atau charging station kendaraan listrik yang memang saat ini sedang ramai diperbincangkan.

stasiun penyedia listrik umum (SPLU) milik PLN di lokasi PKLhttp://splu-pln.com stasiun penyedia listrik umum (SPLU) milik PLN di lokasi PKL

Untuk daftar lokasi SPLU secara terperinci, Leo mengaku tidak menghafal semua. Namun ia menjelaskan beberapa kawasan padat PKL sudah ada SPLU yang bisa dimanfaatkan masyarakat dengan cara penggunaan layaknya sistem listrik prabayar, bahkan untuk memudahkan pencarian cukup buka layanan Google Maps dan ketik SPLU.

Ketika ditanya apakah nantinya PLN akan membuat SPLU khusus untuk kendaraan. Leo menjelasakan hal tersebut mudah untuk dilakukan.

"Yang ada saat ini juga sudah bisa, tapi kalau mau bikin hanya untuk kendaraan juga sudah siap, tinggal mengikuti perkembangan populasi kendaraannya saja. Kita sudah ada contohnya seperti yang saya kirim (foto). Sebenarnya tidak ada kendala apalagi untuk Jakarta, karena setiap meter di jalan itu pasti terdapat aliran listriknya," ujar Leo.

stasiun pengisian listrik umum (SPLU)Istimewa stasiun pengisian listrik umum (SPLU)
Melihat dari situs resmi SPLU-PLN, memang sudah ada beberapa daftar SPLU Beji Lintar yang terpasang dalam beberapa wilayah kerja PLN Distribusi Jakarta Raya, seperti ;

-18 unit di wilayah kerja PLN Area Ciracas
-18 unit di wilayah kerja PLN Area Lenteng Agung
-17 unit di wilayah kerja PLN Area Bandengan
-17 unit di wilayah kerja PLN Area Pondok Kopi
-16 unit di wilayah kerja PLN Area Bintaro
-15 unit di wilayah kerja PLN Area Ciputat
-15 unit di wilayah kerja PLN Area Tanjung Priok
-13 unit di wilayah kerja PLN Area Kramat Jati
-12 unit di wilayah kerja PLN Area Bulungan
-12 unit di wilayah kerja PLN Area Jatinegara
-12 unit di wilayah kerja PLN Area Kebon Jeruk
-12 unit di wilayah kerja PLN Area Pondok Gede
-10 unit di wilayah kerja PLN Area Marunda
-9 unit di wilayah kerja PLN Area Cempaka Putih
-9 unit di wilayah kerja PLN Area Cengkareng,
-4 unit di wilayah kerja PLN Area Menteng.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X