Mobil Inggris Termahal yang Dijual di Lelang

Kompas.com - 25/08/2017, 07:43 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Ontario, KompasOtomotif – Rekor baru mobil asal Inggris yang dijual paling mahal kali ini dipecahkan oleh Aston Martin di Monterey. Sebelumnya gelar ini dipegang oleh Jaguar D-Type XKD 501 yang dijual 21,78 juta dolar AS atau Rp 290 miliaran pada 2016 lalu.

Mengutip Autoevolution, Kamis (24/8/2017) Aston Martin DBR1/1 naik bursa lelang dan berhasil menarik minat sampai harganya menyentuh 22,6 juta dolar AS, atau setara dengan Rp 301 miliaran.

Mobil balap Inggris yang ditawarkan oleh rumah lelang RM Sotheby, diklaim sebagai model paling penting Aston Martin yang pernah diproduksi. Ini merupakan yang pertama dari lima model yang dibuat untuk balap, model dengan chassis nomor “1” dilengkapi dengan reproduction inline-six yang dirancang oleh RS Williams.

Aston Martin DBR1/1.Autoevolution Aston Martin DBR1/1.

Dari semua keunggulannya, yang paling penting dari DBR1/1 adalah kemenangannya di Nurburgring 1000 km pada 1959 dan di ajang World Sportscar Championship. Carroll Shelby, Stirling Moss, Roy Salvador, dan Reg Parnell hanyalah segelintir nama-nama legenda balap, yang duduk di kursi pengemudi mobil balap ikonik ini.

Menurut laporan, penawaran DBR1/1 cukup liar, di mana pada proses lelang sejak awal sampai akhir berlangsung kurang dari tujuh menit. Informasi soal siapa yang akhirnya memboyong mobil ini tidak diberitahukan, tapi nampaknya seorang kolektor mobil klasik.

Pada 2013, Sir Stirling Moss pebalap legenda Inggris sempat mengendarai DBR1/1, pada perayaan ulang tahun keseratus mobil itu di Nurburgring Nordschleife. 

Aston Martin DBR1/1.Autoevolution Aston Martin DBR1/1.

Aston Martin DBR1/1.Autoevolution Aston Martin DBR1/1.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.