Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ferrari Ungkap Model "Entry Level” Terbaru

Kompas.com - 24/08/2017, 09:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Maranello, KompasOtomotif – Tidak disangka-sangka, merek mobil sport asal Italia, Ferrari, tiba-tiba menunjukkan model barunya yang akan mengisi kelas entry-level, Ferrari Portofino. Produk ini terlebih dahulu diperkenalkan sebelum ajang Frankfurt Motor Show September 2017, dan disebut-sebut akan menggantikan California T.

Mengutip Carscoops, Rabu (23/8/2017), Portofino mendapat mesin 3.9-liter twin-turbo V8, dengan tenaga 590tk dan torsi 560 lb-ft @3.000-5.200 rpm. Ini memungkinkannya melaju 100 kpj (62 mph) dalam kecepatan 3,5 detik, dan kecepatan tertinggi sekitar 320 kpj.

Pihak Ferrari mengatakan, kalau V8 mereka saat ini menggunakan piston dan connecting rod (con-rod/batang piston) baru, serta fitur intake baru yang didesain ulang. Selain itu, ditambahkan juga cast exhaust header, yang dirancang untuk menghilangkan turbo lag, juga memberikan respons throttle yang diklaim terdepan.

Ferrari PortofinoCarscoops Ferrari Portofino

Perubahan ini, dikombinasikan dengan sistem pembuangan baru dan Variable Boost Management (VBM) untuk menyesuaikan torsi di antara roda gigi. Ini dianggap bisa memastikan mesin Portofino lebih tangguh dari T California, yang keunggulan sementara ini masih lebih hemat bahan bakar.

Modifikasi baru dari sisi mekanikal lainnya, yaitu penerapan genereasi ketiga dari electronic rear differential, begitu juga dengan power steering-nya. Kemudian, sistem redaman magnetorheological telah mengalami peningkatan dan sekarang diklaim lebih efektif dari sebelumnya. Hal terpenting lainnya adalah, penggunaan sasis aluminium baru.

Secara gaya, Portofino terlihat lebih baik daripada T California. Inspirasi desain diambil dari 812 Superfast dan GTC4Lusso, di mana membuat Portofino jauh lebih cantik, dengan ujung depan yang edgy dan agresif. Sama seperti California T dan California sebelumnya, model baru ini dilengkapi dengan hardtop lipat sebagai standar.

Detail lengkapnya, baru akan diungkap pada Frankfurt Motor Show September 2017 mendatang.

Ferrari PortofinoCarscoops Ferrari Portofino

Ferrari PortofinoCarscoops Ferrari Portofino

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com