Toyota Patenkan Teknologi Pilar Tembus Pandang

Kompas.com - 23/08/2017, 08:42 WIB
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAgung Kurniawan

Virginia, KompasOtomotif - Meski berfungsi sebagai salah satu pendukung keselamatan, disadari atau tidak, keberadaan pilar A pada bagian samping kaca mobil juga membuat pandangan mata terhalang. Efek buruknya seringkali membuat area blindspot saat berkendara, terutama saat berbelok atau di persimpangan jalan.

Baca :Toyota Siapkan Teknologi "Dynamic Force" Ketimbang "Turbo"

Mencegah hal tersebut, Toyota rupanya sudah memiliki cara untuk mengatasinya. Hal ini ditunjukkan dengan pegembangan sebuah teknologi pilar A tembus pandang alias transparan yang sudah di patenkan pada sebuah Kantor Paten dan Merek Dagang di Amerika Serikat.

Pengembangan teknologi ini akan menggunakan metode "cloaking" yang diklaim efektif membuat pilar A tidak terlihat. Teknik ini dikembangkan menggunakan cermin yang berguna memutar atau memantulkan cahaya di sekitar objek.

Area blind spotLeftlanenews Area blind spot

Hal tersebut membuat pengendara bisa melihat objek yang ada di balik pilar A. Dilansir dari Carscoops, metode ini dianggap lebih modern dibanding memasang kamera untuk menampilkan gambar di balik pilar.

Meski tidak ada kejalasan kapan teknologi tersebut akan diterapkan, namun membuat pilar A menjadi transparan merupakan solusi yang cukup inovatif mencegah terjadinya blindspot saat berkendara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Carscoops

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.