Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xpander Tanpa "Defogger", ini Kata Mitsubishi

Kompas.com - 22/08/2017, 08:22 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, Kompasotomotif - Meski hadir dengan sajian yang baru, tapi bila diperhatikan ada yang kurang dari penampilan Mitsubishi Xpander. Contoh pada bagian kaca belakang yang tidak dilengkapi dengan defogger.

Baca : Mengintip "Omotenashi" pada Kabin Mitsubishi Xpander

Sekadar informasi, defogger sendiri berfungsi untuk menepis embun pada kaca belakang yang umumnya berbentuk garis-garis berwana cokelat. Melalui energi panas yang disalurkan pada garis, embun pada kaca pun bisa diatasi.

Ketika menanyakan hal ini, Guntur Harling, Head of Product Planning Departement Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), mengatakan, bahwa fungsi defogger sudah digantikan langsung oleh wiper belakang.

Baca : Jawaban Xpander untuk Pilihan Penggerak Roda Depan

"Saat perencanaan produk kita melihat apa yang dimiliki kompetitor kita lengkapi dengan rear wiper jadi kendala fogging di belakang bisa diatasi. Wiper belakang jadi fitur standar pada semua varian Xpander," kata Guntur di Tangerang beberapa waktu lalu.

Pengunjung memperhatikan interior mobil Mitsubishi Xpander ketika berlangsungnya GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di ICE BSD, City Tangerang, Kamis (10/8/2017). Pameran otomotif tersebut diikuti 32 Agen Pemegang Merek (APM), 10 merek motor dan lebih dari 130 exhibitor non APM. ANTARA FOTO/Saptono/Kye/17ANTARA FOTO/Saptono Pengunjung memperhatikan interior mobil Mitsubishi Xpander ketika berlangsungnya GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di ICE BSD, City Tangerang, Kamis (10/8/2017). Pameran otomotif tersebut diikuti 32 Agen Pemegang Merek (APM), 10 merek motor dan lebih dari 130 exhibitor non APM. ANTARA FOTO/Saptono/Kye/17

Meski demikian Guntur tidak menampik bila saat pengembangan lanjut, MMKSI akan memikirkan untuk mengaplikasi defogger. Melihat dari fungsi memang memang defogger cukup penting, terutama untuk masyarakat yang tinggal di daerah dingin.

Perbedaan suhu kabin dan di luar bisa memicu terjadinya embun dan fogging. Meski bisa diatasi dengan wiper, namun biasanya itu hanya untuk kaca belakang bagian luar. Sedangkan untuk embun yang muncul dari dalam kaca atau dari kabin akan sulit hilang tanpa keberadaan defogger.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com