11 Model Truk Toyota Dyna Dipangkas Jadi 6

Kompas.com - 21/08/2017, 18:22 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Toyota terus melakukan penyegaran terhadap truk Dyna. Tak hanya perwajahan saja, tetapi juga interior berikut performa mesin. Titik berat perubahan adalah kapasitas beban (loading capacity) dan kapasitas muatan (payload capacity) lebih besar, serta efisiensi BBM  yang makin tinggi.

Menariknya, PT Toyota Astra Motor (TAM) memperkenalkan enam model baru untuk menggantikan 11 model sebelumnya. ”Ini dilakukan agar Dyna semakin sesuai untuk mendukung kebutuhan usaha pelanggan. Kami hanya menawarkan line-up Dyna yang terbaik agar lebih optimal,” kata Fransiskus Soerjopranoto, Executive GM TAM, belum lama ini.

Artinya, saat ini Toyota Dyna hadir dalam 18 pilihan line-up. Enam terbaru yaitu 130 HT Ekspedisi Std, 130 HT Ekspedisi High Gear, 130 HT Ekspedisi LWB (Heavy Duty Truck-beban berat). Lalu untuk pemakaian beban sedang (Medium Duty) adalah 130 XT LWB, 130 XT BUS LWB, dan 110FT LWB.

New Dyna 130 HT, 110 ET dengan 6 ban diposisikan sebagai truk untuk mengangkut beban berat dengan performa lebih tangguh untuk jalanan tanah atau berbatu (off road). Khusus tipe 130 HT Off Road, sudah menggunakan teknologi Torse LSD yang membagi momen puntir ke setiap roda sesuai kebutuhan. Teknologi ini mencegah terjadinya slip saat melalui jalan tanah, berbatu, atau berlubang.

Line up baru Toyota Dyna di Indonesia.TAM Line up baru Toyota Dyna di Indonesia.
Sementara truk enam ban 130 HT Ekspedisi bertugas sebagai kendaraan pegangkut beban berat di jalan raya (on road) dengan kapasitas muatan lebih besar. Bagian belakang (rear over hang-ROH) ditingkatkan sehingga kapasitas muatan (payload capacity) menjadi lebih besar.

Ada lagi, 130 XT dan 110 FT yang juga menggunakan 6 ban, diposisikan untuk truk dengan beban sedang (Medium Duty). Kapasitas muatannya lebih besar dengan ROH lebih panjang serta peningkatan gear ratio agar kapasitas beban bisa lebih besar. Transmisi manual baru diklaim membantu kendaraan makin irit bahan bakar.

Lalu, model Dyna 110 ST adalah truk 4 ban untuk mengangkut beban ringan (Light Duty) dengan ROH lebih panjang.

”Penyegaran didasarkan masukkan pelanggan dan tidak hanya dilakukan pada line-up terbaru, tapi juga line-up Toyota Dyna yang lain. Semua model kini dilengkapi dengan manual sliding control dan sebagian besar juga hadir dengan ROH,” kata Soerjo.

Untuk engine, New Dyna masih mempertahan dua pilihan, yaitu WO4D-TR dengan kapasitas 4.000 cc yang mampu menghasikan tenaga maksimal 130 PS dan torsi puncak 38 Nm. Lalu mesin WO4D-TP yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 110 PS dan torsi 29 Nm.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.