Generasi Baru Pesaing Toyota Mirai dari Hyundai

Kompas.com - 21/08/2017, 17:01 WIB
Hyundai FCEV generasi kedua. auto.ndtv.comHyundai FCEV generasi kedua.
|
EditorAgung Kurniawan

Seoul, KompasOtomotif - Merek asal Korea Selatan Hyundai Motor, resmi luncurkan mobil berbahan bakar hidrogen (Fuel Cell Vehicle/FCV). Masuk di segmen sport utility vehicle (SUV), model ini punya jarak tempuh 39 persen lebih jauh dari generasi pertama.

Mengutip Nikkei, Senin (21/8/2017) generasi kedua FCV milik Hyundai ini memiliki komponen inti baru, termasuk hydrogen supply device dan fuel-cell stack,  di mana bisa menghasilkan listrik karena reaksi kimia antara hidrogen-oksigen.

Mobil ini bisa menempuh jarak 580 km untuk satu kali pengisian bahan bakar hidrogen. Jarak tempuh yang cukup jauh itu, lantaran sistem yang disematkan beroperasi lebih efisien. Motor penggeraknya menghasilkan 163 tenaga kuda, cukup tinggi dari Toyota Mirai yang hanya 154 tenaga kuda.

Hyundai FCEV generasi terbaru.auto.ndtv.com Hyundai FCEV generasi terbaru.

Hyundai akan mulai memasarkan mobil miliknya ini di Korea Selatan pada kuartal pertama 2018, diikuti oleh Eropa, Amerika Serikat dan Australia di semester kedua. Sementara untuk penjualan di China, sedang dipertimbangkan.

Pembuat mobil juga mengonfirmasi, kalau mereka akan meningkatkan jumlah model ramah lingkungan, termasuk hibrida, sebanyak 31 produk pada 2020, dari 14 model yang sudah ada saat ini.

Rencana tersebut salah satunya adalah model SUV listrik yang akan mengaspal pada paruh pertama 2018, dengan kemampuan tempuh hingga 390km untuk sat kali pengecasan. Kemampuan ini dua kali lipat lebih baik dari yang ada saat ini.

Hyundai juga mengatakan, kalau mereka sudah mulai mengembangkan kendaraan listrik yang akan memiliki jarak tempuh 500km.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X