Kompas.com - 21/08/2017, 11:02 WIB
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotifHonda Prospect Motor (HPM) datang ke pameran otomotif nasional, GIIAS 2017, membawa generasi baru dari sportcar legendaris, Civic Type R. Bukan sekadar dipamerkan, tapi secara resmi HPM juga mulai memasarkan Civic paling bertenaga ini di Tanah Air.

Selama lebih dari dua dekade, logo Type R melekat pada model-model Honda dengan performa maksimal yang terinspirasi dari mobil balap. Setiap model Type R selalu mewakili kemurnian konsep untuk meminimalkan bobot, memaksimalkan tenaga, responsif, stabilitas dinamis, serta performa pengereman yang maksimal guna memberikan pengalaman berkendara yang paling memuaskan, baik di jalan maupun di lintasan balap.

Baca : Honda Civic Type R Laku Keras

Memasuki usia ke-25, Type R hadir di Indonesia. Selama pameran berlangsung, mobil sport yang yang dibanderol hampir meyentuh Rp 1 miliar ini sudah terjual 15 unit, angka tersebut melebihi target awal HPM yang hanya 10 unit selama pameran.

Rekam jejak perkembangan Civic Type R makin terbukti dengan prestasi terbaru memecahkan rekor Lap Time 7 menit 43,80 detik di sirkuit Nurburgring, Jerman. Kehadiran Honda Civic Type R pun semakin menegaskan karakter mobil-mobil Type R dalam mempertahankan DNA balap yang dimiliki Honda dari generasi ke generasi.

All New Honda Civic Type R Generasi 10 meluncur di GIIAS 2017Stanly/KompasOtomotif All New Honda Civic Type R Generasi 10 meluncur di GIIAS 2017

Honda NSX Type R

Debut Honda Type R dimulai lewat model Honda NSX Type R pada tahun 1992. Dilengkapi dengan mesin 3.0L VTEC V6 yang mampu memproduksi tenaga 280 PS pada 7.300 rpm dan torsi 30,0 kg.m pada 5.400 rpm.

Honda NSX Type R didesain untuk menyaingi kecepatan mobil balap Eropa pada masanya. Didukung bobot yang ringan, Honda NSX Type R mampu berakselerasi 0-100 kpj dalam waktu 5,03 detik. Generasi kedua NSX Type R diluncurkan secara khusus di Jepang pada tahun 2002.

NSX Type R www.supercars.net NSX Type R

Model ini hadir dengan mesin 3.2L DOHC VTEC 6 silinder bertenag 280 PS pada 7.300 rpm dan torsi 304 Nm pada 5.300 rpm. Meski tenaga sama, tapi ada pengembangan pada desain eksterior rear spoiler yang lebih agresif, roof scoop, dan beberapa penyempurnaan yang memangkas bobot hingga 1.270 kg.

Kehadiran panel dan air fences di bagian depan serta small rear diffuser di bagian belakang menciptakan stabilitas lebih dinamis yang membuat NSX Type R kompetitif di lintasan balap.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.