Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/08/2017, 08:02 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Tangerang, KompasOtomotif – Diskon bertebaran di setiap ajang pameran otomotif, tak terkecuali Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Bahkan sekelas mobil yang terbilang murah, atau masuk di segmen low cost and green car (LCGC), diskon sulit terhindarkan.

KompasOtomotif menelusuri satu-persatu booth yang punya dagangan mobil murah di ICE, BSD City, Tangerang, (19/8/2017). Semua menebar diskon untuk mobil murah, mulai dari signifikan sampai yang ”alakadarnya”.

Toyota misalnya, yang menjajakan Agya dan Calya. Salah satu tenaga penjual yang ditemui KompasOtomotif seperti jual mahal, tak mau terang-terangan memberi informasi tentang program diskon. Dia hanya memberikan paket kredit yang katanya khusus dan murah dengan leasing tertentu.

Honda Brio Satya di GIIAS 2017.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Honda Brio Satya di GIIAS 2017.
”Tidak ada diskon, hanya paket kredit,” ujarnya. Namun KompasOtomotif coba beralih ke tenaga penjual yang lain, dan menyatakan ada besaran diskon untuk Calya Rp 2 juta, serta Agya dengan angka yang sama. Itu pun masih ditambah dengan aksesori pelengkap.

Geser ke depannya, ada Honda dengan Brio Satya. Model ini ternyata mendapatkan paket diskon sampai Rp 10 juta. Sama dengan tawaran lainnya, bonus aksesori, meski tidak banyak. Dia pun menawarkan beberapa paket kredit, termasuk program DP Rp 17 juta atau tenor hingga 8 tahun.

Datsun di GIIAS 2017.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Datsun di GIIAS 2017.
Beranjak lagi, kali ini Datsun yang juga masih eksis di segmen LCGC. Mobil ini termasuk yang paling terjangkau ketimbang lainnya. Besaran diskonnya juga signifikan, mencapai Rp 8-10 juta, bergantung tipe GO+ atau GO+ Panca. Paket aksesori lengkap, mulai sarung jok, talang air, karpet, hingga kaca film.

Bagaimana dengan Suzuki? Di sana masih ada Karimun Wagon R yang juga ditawarkan dengan diskon Rp 10 juta. Harga model ini berkisar antara Rp 105-Rp 135 juta.

Daihatsu tak ketinggalan, mereka punya Ayla dan Sigra. Diskonnya tak sebesar Datsun dan Suzuki, namun cukup besar. Sigra diskon sampai Rp 5 juta, tapi Ayla hanya RP 3 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com