Kompas.com - 19/08/2017, 16:23 WIB
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAgung Kurniawan

Tangerang, KompasOtomotif - Baru diluncurkan, Mitsubishi Xpander menawarkan program angsuran panjang selama satu dekade. Meski berguna untuk memberikan kemudahan bagi konsumen, tapi dengan status sebagai produk baru, hal ini bisa menurunkan image di mata publik atau pesaingnya.

Baca : Xpander Bisa Dicicil Sampai 10 Tahun!

Budi Dermawan Daulady selaku Department Head Sales & Marketing Region 1 Jabodetabek dan Jawa Barat Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), mengatakan, hal tersebut tidak terlalu masalah, karena di kelasnya Xpander memang lebih mengarah ke konsumen menengah ke bawah.

"Kalau kita lihat hal tersebut mungkin hanya akan menjadi gimik. Secara segmentasi memang arah konsumen kita lebih menengah ke bawah, tapi biasanya batas tenor yang paling diincar hanya sampai empat atau lima tahun, apalagi untuk konsumen di Jakarta atau kota besar," ucap Daulady kepada KompasOtomotif, Jumat (18/8/2017).

Baca : Mengapa Xpander Pilih Transmisi Otomatis Konvensional

Cicilan Xpander (Mandiri Tunas FInance).Ghulam/KompasOtomotif Cicilan Xpander (Mandiri Tunas FInance).
Menurut Daulady, persoalan angsuran hingga 10 tahun sah-sah saja dilakukan perusahaan pembiayaan. Tapi mengenai banyak dipilih atau tidak, itu balik lagi ke konsumen.

"Mungkin menarik untuk beberapa konsumen, tapi mereka pasti mikir soal down payment (DP) awal yang biasanya cukup besar. Intinya balik ke konsumen masing-masing bagaimana kemampuannya," kata Daulady.

Sebelumnya sebuah leasing menawarkan paket cicilan ADDM atau angsuran di muka dengan tenor hingga 119 bulan. Untuk skema DP yang ditawarkan dibedakan pada tiap varian Xpander, mulai dari Rp 85.611.000 juta untuk varian terbawah GLX MT, sampai Rp 108.139.000 untuk Xpander Ultimate AT.

Meski mengiurkan, namun yang harus diingat adalah konsekuensinya. Mulai dari harga total yang harus diperhitungkan, pengeluaran biaya kepemilikan selama 10 tahun, sampai harga jual kembali mobil tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.