Kompas.com - 19/08/2017, 15:50 WIB
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAgung Kurniawan

Tangerang, KompasOtomotif - PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) siap meningkatkan aktivitas ekspor di tahun 2017 dengan memperluas jangkauan jaringan pengiriman kendaraan dan komponen. Beberapa negara di Kawasan Timur Tengah, Asia, Oceania, Amerika Latin, dan Afrika tengah menjadi incaran SIM di tahun ini.

Baca : Suzuki Bikin Address dan Smash Lebih "Kekinian"

Lantas mobil dan motor apa saja yang selama ini menjadi idola ekspor Suzuki.  Menjawab hal ini Assistant to Section Head 4W Oversales & Marketing SIM Domu Arisanto, mengatakan, untuk mobil terlaris yang diekspor terdiri dari beberapa model utama.

"Selama tahun 2017 untuk bentuk CKD Karimun Wagon R paling banyak dengan jumlah 13,200 unit, setelah itu Carry 1000 dengan jumlah 9.258 unit. Untuk CBU dikuasai APV 9.258 unit dan Ertiga 5.828," ujar Domu kepada wartawan, di ICE BSD, Tangerang, Jumat (18/8/2017).

Sosok Address untuk ekspor serupa tapi tak sama dengan model lokal.Agung Kurniawan Sosok Address untuk ekspor serupa tapi tak sama dengan model lokal.

Sementara dari ekspor motor yang sampai saat ini sudah menyebar di 34 negara dikuasai oleh Suzuki Satria FU150 yang pada 2016 lalu membukukan 39.663 unit. Posisi kedua ditempati skutik low entry, Address dengan jumlah 24.796 unit, dan Satria Junior sebesar 20.400 unit.

Baca : Target Optimis Suzuki dari Kinerja Ekspor 2017

"Paling besar ke Filipina dengan jumlah 62.460 unit, Satria masih jadi primadona utama dengan jumlah ekspor tertinggi hingga 36.600 unit," kata Assistant to Section Head 2W Oversales & Marketing SIM Ahmad Fauzi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.