Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sedan Murah Toyota Meluncur di Thailand

Kompas.com - 17/08/2017, 08:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Bangkok, KompasOtomotif – Sedan kompak Toyota Yaris Ativ akhirnya mengaspal di Thailand. Sedan kompak ini disiapkan Toyota sebagai modal untuk mengerek kembali pangsa pasar yang turun, dengan penawaran harga yang relatif terjangkau.

Anggota baru dari keluarga Yaris mulai dijual Selasa (15/8/2017), dengan harga termurah p 469.000 baht atau Rp 188 jutaan. Banderoli ini menjadikannya sebagai sedan Toyota paling murah yang dijual di Asia Tenggara.

Dari informasi yang diberikan pihak Toyota, Yaris Ativ memiliki memiliki struktur dasar serupa dengan sedan populer Vios, tapi memiliki mesin 1.2L dan penghematan biaya lainnya, sehingga memperkecil harganya  sekitar 20 persen.

Toyota berharap bisa menjual 4.700 unit per bulan di Thailand, di mana menjadi basis produksi terbesar produsen mobil Jepang tersebut di kawasan ASEAN. Produk ini juga diharapkan akan ditawarkan ke 70 negara lainnya, mengutip Nikkei, Rabu (16/8/2017).

Ekspansi mobil murah ini memang niatnya untuk membantu perusahaan, menaikkan penurunan pangsa pasar ini di Thailand, di mana Toyota adalah produsen mobil teratas. Masih banyak yang bisa diperoleh dari mempertahankan kehadiran yang kuat di sini. Masyarakat Thailand diperkirakan akan membeli 830.000 mobil pada 2017, menjadikan negara ini sebagai pasar mobil terbesar kedua di Asia Tenggara di belakang Indonesia.

Pembuat mobil Jepang juga telah bekerja sama dengan anak perusahaan Daihatsu Motor, produsen terkemuka mobil kecil, yang dikenal dengan sebutan mobil "kei" di Jepang. Mereka akan mengembangkan mobil kompak generasi masa depan, yang diarahkan ke pasar negara berkembang, termasuk negara-negara Asia Tenggara.

Bisnis otomotif saat ini semakin mengarah pada kelas menengah yang tumbuh di negara-negara berkembang, dan penawaran mobil kompak Toyota bertujuan untuk menggaet banyak konsumen di pasar itu.

Dahatsu saja baru saja meluncurkan mobil konsep DN F Sedan, yang baru pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada pameran di BSD, Tangerang, 10-20 Agustus 2017. 

Mobil konsep sedan Daihatsu DN F Sedan bermesin 1.2L di GIIAS 2017.Ghulam/KompasOtomotif Mobil konsep sedan Daihatsu DN F Sedan bermesin 1.2L di GIIAS 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com