Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita di Balik Desain Cantik Datsun Go Live

Kompas.com - 14/08/2017, 17:03 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Tangerang, KompasOtomotif – Konsep Datsun Go Live tampil cantik di booth Datsun dalam pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Sosok mobil ini disebut-sebut sebagai calon model baru yang akan ditawarkan untuk konsumen Indonesia.

Kehadirannya tak lepas dari Kei Kyu, Executive Design Director Datsun Strategic Design Dept., Global Design Center, Nissan Motor Co., Ltd. Dialah otak dari guratan garis dan karakter Datsun Go Live, begitu juga dengan Go Cross.

Dirinya pun menjelaskan beberapa poin tentang desain, termasuk soal pemilihan warna yang menggunakan paduan ab-abu dan kuning terang (stabilo). Kyu San menghindari warna merah yang lebih sering diaplikasikan pada mobil konsep. Alasannya apa?

Kyu menjelaskan bahwa saat dirinya sedang merancang desain dari mobil ini, yang terpikirkan adalah ”kebebasan” atau berjiwa muda, bentuk skateboard dan BMX, sesuatu yang tidak terlihat pada kesukaan orang-orang yang lebih ”tua”. Hal inilah yang disampaikannya kepada tim.

”Kami mengacu pada majalah fashion atau budaya. Lalu tim mengajukan beberapa pilihan warna, namun saya melihat, abu-abu dan kuning merupakan tren, terutama untuk warna neon. Warna yang tajam dan mudah diingat. Abu-abu dan kuning merupakan kombinasi yang sangat mengagumkan jika digabungkan,” ujar Kyu, (11/8/2017).

Tantangan
Mendesain konsep baru menjadi tantangan besar untuk tim desainer, karena mereka harus tetap menggunakan desain orisinil. Ada arahan baru dan bentuk baru, tapi wajib mempertahankan gaya ”khas”.

”Mulai dari desain pintu mobil, jendela, atau bagian atas mobil. Karena kami telah memiliki arahan desain yang baru untuk desain Datsun di masa depan, kami mencoba untuk mewujudkan hal tersebut,” kata Kyu.

Satu hal yang sangat menarik, bentuk segi enam bernuansa kuning pada grill depan, yang ternyata memiliki arti tersendiri. Kyu mengatakan bahwa pemikiran dasar rancangan ini adalah ”kebebasan”. Ada pertimbangan unsur spesial dan menyenangkan.

”Jelas terlihat bahwa warna khusus ini menunjukan bahwa mobil ini merupakan rancangan khusus dimana GO Live memiliki skema warna yang unik, terlihat juga pada segi enam di bagian gril depan. Warna pada gril-nya dapat berbeda-beda bisa hijau ataupun biru. Mengapa bentuknya tidak simetris? Karena bentuknya keren dan beda,” kata Kyu.

Kemudian, Visual Identity memiliki bentuk yang lebih terlihat seperti segi enam. Sebuah bentuk seperti sarang madu dan lebih kaku. Memang banyak bentuk lainnya seperti segitiga, kotak, segi delapan. Tapi menurut Kyu, bentuk segi enam terlihat lebih berani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com