Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Parade Diskon "MPV Sejuta Umat"

Kompas.com - 14/08/2017, 09:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Tangerang, KompasOtomotif – Segmen LMPV di pasar otomotif dalam negeri masih menjadi primadona. Dimulai dari kemunculan Avanza-Xenia, model-model lainnya terus bermunculan, di mana tahun ini baru saja hadir dua pendatang baru, Wuling Confero S dan Mitsubishi Xpander.

Hadir di pameran otomotif di BSD Tangerang, para tenaga penjual berupaya untuk menarik konsumen dengan berbagai program-program. Begitu juga dengan skema cicilan yang ditawarkannya.

Confero S

Setelah hanya satu leasing yang berani mem-back-up merek baru asal China ini, Wuling akhirnya juga disokong oleh enam perusahaan pembiayaan, seperti Mandiri, BCA, Oto Finance, Mega, Adira dan Maybank.

Wuling Confero SAditya Maulana - Otomania Wuling Confero S

Urusan uang muka, pihak pembiayaan masih mengikuti aturan OJK di angka 20 persen. Meski begitu, pihak Wuling masih memberikan subsidi sebesar Rp 3 juta, untuk semakin meringankan total uang muka. Tenornya juga relatif normal, lima tahun saja.

Sebagai tambahan Wuling juga memberikan gratis jasa servis selama 2,5 tahun. Memang saat ini, tenaga penjual Wuling mengaku belum banyak memberikan promo. Walaupun begitu, mereka percaya kalau konsumen yang sudah mencoba Confero, bisa langsung jatuh hati. Saat ini Wuling Confero dijual Rp 128,8 juta sampai Rp 165,9 juta.

Ertiga

LMPV milik Suzuki ini mendapat subsidi atau potongan uang muka, mulai dari Rp 20 juta sampai Rp 25 juta. Diskon tersebut berlaku untuk pembelian dengan cara kredit atau tunai. Banderol harganya Rp 202,5 juta sampai Rp 235,5 juta.

Soal skema kredit, masih tergolong normal, di mana maksimal hanya lima tahun. Sama seperti yang disampaikan tenaga penjual Daihatsu, sales Suzuki menuturkan kalau tenor di atas lima tahun rentan ditolak oleh perusahaan pembiayaan.

Mitsubishi XpanderStanly/KompasOtomotif Mitsubishi Xpander

Xpander

Model terbaru milik Mitsubishi yang jadi artis di pameran kali ini, langsung menawarkan promo free maintenance  3 tahun. Sementara untuk potongan uang muka masih belum diberikan.

Namun, jika ingin bersabar lebih lama, bukan tidak mungkin Xpander akan memberikan lebih banyak lagi promo-promo menarik, seperti rival-rivalnya. Apalagi ketika penjualan mulai kedodoran. Harga termurahnya saat ini Rp 190,5 jutaan dan Rp 246,8 jutaan.

Avanza dan Xenia

Jagoan Toyota dan Daihatsu di segmen LMPV ini punya potongan harga masing-masing Rp juta sampai Rp 24 juta. Subsidi tersebut bisa dimasukkan untuk membayar uang muka atau yang lainnya. Berlaku untuk pembelian secara tunai dan kredit.

Jangka waktu cicilan juga tidak jauh berbeda, di mana maksimal 5 tahun. Walaupun ada yang menginginkan lebih dari itu, bsia dikoordinasikan kepada pihak leasing atau tenaga penjual terlebih dahulu. Avanza dibanderol Rp 187,7 juta sampai Rp 231,8 juta, sementara Xenia Rp 180,4 jutaan sampai Rp 215,1 jutaan.

Diskon Mobilio di IIMS 2017.Ghulam/KompasOtomotif Diskon Mobilio di IIMS 2017.

Mobilio

Pada pameran otomotif BSD, Tangerang, yang berlangsung selama 10-20 Agustus 2017, mendapat potongan harga Rp 10 juta, tidak banyak seperti kompetitor lainnnya Avanza, Ertiga, dan Xenia di angka belasan atau bahkan puluhan juta.

Dari selebaran yang diberikan tenaga penjual, Honda menggratiskan 10 kali cicilan, dan juga bunga nol persen selama tiga tahun. Namun, ketentuan dan syarat pastinya berlaku. Harga Mobilio saat ini Rp 189,5 sampai Rp 243,5 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com