Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Mau Kembangkan “Virtual Showroom”

Kompas.com - 14/08/2017, 08:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Tangerang, KompasOtomotif – Industri otomotif juga mulai bergerilya di dunia maya, seiring perkembangan era digital belakangan ini. Mulai dari pemanfaatan media sosial, sampai meng-advance situs resminya.

Bahkan sejak 2016 lalu, Cadillac, Infiniti, Fiat dan merek lain sudah membahas sampai ke virtual showroom, di mana ini salah satu cara membantu diler mengurangi biaya penyediaan gudang dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pembeli potensial.

Calon konsumen tentu tidak perlu lagi datang ke showroom untuk melihat produknya. Bahkan test drive juga bisa dilakukan secara virtual. Terkait hal tersebut, Toyota Indonesia yang mengaku sedang gencar untuk bisa eksis di era digital, menyebut masih melakukan survey untuk mengaplikasikan teknologi tersebut.

“Kami tidak menutup kemungkinan untuk itu pastinya. Namun tentu kalau behavior konsumen kami sudah siap, untuk tidak perlu lihat lagi melihat fisik ketika beli mobil. Jika sudah ada indikasi ke arah situ, pasti kami akan menyiapkan virtual showroom,” ujar Evelyne, Deputy General Manager Marketing Planning Toyota Astra Motor (TAM) saat ditanyakakn KompasOtomotif, Sabtu (13/8/2017).

Evelyn melanjutkan, kalau saat ini pihaknya masih melakukan survey terkait kesiapan masyarakat tersebut. Nantinya jika memang mulai ke arah sana, TAM juga akan menyiapkan surat pemesanan kendaraan (SPK) atau e-commerce untuk otomotif.

“Kalau tahun ini kami masih belum punya virtual showroom, tapi ke depan mungkin saja, pastinya seiring dengan kesiapan masyarakatnya juga,” ucap Evelyn.

Lebih dari itu, komitmen Toyota dalam hal digital, juga diwujudkan dengan membentuk tim khusus “E-Marketing Section”, yang fungsinya untuk menangani segala aktivitas digital Toyota Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com