Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Robot Gundam dan Honda Civic Type R

Kompas.com - 11/08/2017, 18:22 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

 

Tangerang, KompasOtomotif – Sekali lirik, Honda Civic Type R seakan punya aura magis, terlebih dari desain bodi yang sungguh atletis. KompasOtomotif menangkap kesan kuat, kencang, dan aerodinamis. Bahkan, dari berbagai forum, banyak yang bilang kalau mobil ini seperti terinspirasi dari robot Gundam.

Ya, Gundam, serial animasi Jepang yang pertama kali muncul di sana pada pertengahan 1979 silam, menampilkan mesin perang dalam bentuk robot raksasa. Serial TV ini melahirkan banyak tipe robot, yang selintas punya desain sama.

Saat KompasOtomotif mendapat kesempatan bertanya langsung dengan Chief Engineer and Assistat Large Project Leader of Civic Type R, Honda R&D Co. Ltd, Hideki Kakinuma, semua ”prasangka” tentang aura dan desain pun terjawab.

Kakinuma San mengakui, bahwa generasi baru Civic Type R didesain untuk keren, dalam artian futuristik. Para desainer berusaha agar mobil ini punya ciri khas, mulai dari penampilan muka, hingga fungsi dan tugasnya sebagai mobil yang memberi sensasi berbeda kepada penumpangnya.

”Kami berusaha untuk memberikan kesan mendalam dari sisi desain. Jika dilihat, memang menimbulkan persepsi sebuah mobil kencang yang menggetarkan,” kata Kakinuma, Jumat (11/8/2017) di ICE, BSD City, Tangerang, dalam Gakindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017.

Gundam

Khusus terkait dengan Gundam, Kakinuma mengakui, bahwa dirinya dan tim desainer di Jepang sering ditanya hal yang sama. Banyak orang yang berpikiran bahwa Honda mendapat inspirasi dari robot Gundam dari sisi desain.

”Tapi kami sama sekali tak terinspirasi dari situ (Gundam). Semua desain diciptakan untuk memenuhi sisi aerodinamika. Jadinya memang seperti yang Anda lihat saat ini,”ucap Kakinuma.

Kendati demikian, sebenarnya masih ada keinginan tim pengembangan Honda Type R yang bakal membuat mobil makin galak, yakni penggunaan material bodi dari serat karbon yang bakal membuat mobil jadi jauh lebih enteng.

Tapi, hal ini tak mungkin dilakukan, karena harganya bakal melambung makin mahal. Lagipula, Civic Type R adalah mobil jalanan, bukan mobil balap murni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com