Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lexus LC500, Sedan “Sport” dengan Ban Cadangan

Kompas.com - 07/08/2017, 07:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Di jajaran mobil premium apalagi model sport, ban biasanya sudah dilengkapi teknologi Run Flat Tyre (RFT). Ban seperti ini diklaim bisa tetap digunakan (berjalan) walaupun dalam kondisi ban bocor atau tanpa angin, tapi dalam kecepatan dan jarak tempuh tertentu.

Ini juga berujung pada peng-alpa-an ban cadangan, yang dianggap membebani performa. Namun, ini disebut tidak dilakukan pada model sport LC500 milik Lexus. Meski sudah RFT, mereka tetap memberikan ban cadangan tanpa menawarkannya lebih dahulu.

Karena itu, Adrian Tirtadjaja, General Manager Lexus Indonesia mengklaim, kalau LC500 menjadi mobil sport pertama dan satu-satunya yang menggunakan ban cadangan. Posisinya, terletak pada bagasi belakang mobil.

“Lebih dari itu kami juga masih menyediakan ban serep, walaupun ini sudah RFT, dan the only sport car yang ada ban serep. Kami ingin memberikan keamanan ganda kepada konsumen, walaupun mereka punya pilihan untuk membiarkan ban cadangan di mobil atau mengeluarkannya, tapi tetap dari sisi Lexus kami ingin berikan keselamatan ganda,” ujar Adrian, Rabu (26/7/2017).

Lexus LC500 terbaru.Ghulam/KompasOtomotif Lexus LC500 terbaru.

Dari sisi aturan hukum, di dalam Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, pasal 57 ayat (3) menyebutkan kalau keberadaan ban cadangan di dalam mobil jadi hal wajib.

Teknologi

Adrian menambahkan, soal teknologi RFT milik Lexus disebutnya berbeda berbeda dengan merek-merek lain, terutama dari komposisi pembentuk ban. Untuk bagian ban ini, Lexus LC500 dipasok oleh Bridgestone.

“Kalau kebanyakan RFT menggunakan kawat baja, kami berbeda, di mana dibuat dengan teknologi khusus milik Bridgestone, yang bahannya dari karet yang punya lapisan keras. Bahkan Bridgestone harus gelontorkan investasi baru untuk teknologi ini,” ujar Adrian.

Dalam kondisi tanpa angin atau bocor, ban RFT Lexus ini diklaim masih bisa digunakan dalam kecepatan 80 kpj.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com