Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat Lagi Guna Oli di Mesin Kendaraan

Kompas.com - 04/08/2017, 10:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Menunda-nunda penggantian oli mesin tak jarang dilakukan para pemilik kendaraan. Bahkan, ada juga yang lebih memilih jajan aksesori untuk mempercantik mobil, ketimbang tepat waktu mengganti pelumas.

Padahal akan berbahaya, ketika mesin mobil harus direndam dengan oli yang kualitasnya sudah berkurang. Ini berimbas pada performa mobil yang pada saat dikendarai juga menjadi tidak enak. Makanya, yuk ingat-ingat kembali manfaat oli mesin.

“Membeli kendaraan itu salah satu pengeluaran masyarakat yang cukup bernilai, terlepas dari properti. Jadi sebisa mungkin dijaga, dan salah satu yang penting itu melalui pemilihan dan perawatan oli dengan tepat,” ujar Mario Viarengo, VP Marketing Lubricants PT Shell Indonesia, Selasa (1/8/2017).

Setidaknya ada lima hal yang menjadikan pelumas sangat penting posisinya.

Pertama, yaitu melumasi. Artinya, pelumas bisa memudahkan pergerakan permukaan mesin, mengurangi gesekan dan keausan, serta membantu penghematan energi, di mana salah satu efek positifnya meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Kedua, sebagai pembersih. Ini menjadi tugas dari agen cleansing yang terkandung di dalam pelumas, membantu mencegah partikel kotoran yang menempel dan membentuk lumpur, kerak dan tumpukan kotoran, serta membantu menjaga kebersihan bagian dalam mesin.

Ketiga, untuk melindungi. Baik pada roda empat maupun dua, oli memberikan perlindungan fisik maupun kimia, untuk mencegah keausan dan korosi.

Keempat, mendinginkan. Pelumas yang bergerak di sekitar mesin, akan mentransfer suhu tinggi dari tempat yang panas, seperti di undercrown piston.

Kelima, hemat energi. Manfaat terakhir yang juga bisa didapatkan adalah efisiensi bahan bakar yang bisa ditingkatkan, karena gesekan antara bagian mesin yang bergerak bisa dikurangi. Namun, untuk yang satu ini, masih ditentukan oleh fakto lain, seperti gaya berkendara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com