Kompas.com - 04/08/2017, 07:02 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Bogor, KompasOtomotif - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menambah produk di segmen hatchback. Kini, merek asal Jepang itu memiliki dua model, yaitu Swift dan yang akan diluncurkan 10 Agustus 2017, Baleno hatchback.

Meski keduanya berada di kelas yang sama, tetapi secara tampilan, besaran tenaga, fitur, hingga dimensi jelas berbeda satu sama lain. Bahkan, target konsumen Swift untuk kaum pria, sedangkan Baleno lebih kepada wanita.

Melihat data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) periode Januari-Juni 2017, penjualan di segmen hatchback sudah tembus 16.500 unit, total sepanjang 2016 mencapai 38.467 unit.

Secara pasar, segmen hatchback tidak begitu besar. Pemimpin pasar di kelas ini seperti Honda Jazz, dan Toyota Yaris saja per bulannya hanya terjual sekitar 1.200 hingga 1.400 unit.

Lantas, apa yang menjadi pertimbangan Suzuki berani menambah model di kelas ini? Menurut Harold Donel, Head of Research and Brand Development 4W SIS, ada dua faktor. Pertama, persepsi Suzuki yang melihat pasar di kelas ini masih potensial.

Kedua, lanjut Harold preferensi orang untuk menggunakan hatchback menjadi semakin tinggi. Model ini sudah menjadi kebutuhan, terutama buat konsumen yang sukses dalam bekerja atau berkarya.

Suzuki Baleno HatchbackAditya Maulana - Otomania Suzuki Baleno Hatchback

"Zaman dulu kalau sukses itu beli sedan, tetapi sekarang sudah berbeda, jadi belinya hatchback," kata Harold di kawasan Bogor, Jawa Barat, Kamis (3/8/2017).

Berkat kedua hal itu, kata Harold Suzuki mulai tahun lalu, hingga ke depan akan fokus menggarap segmen yang lebih muda. Salah satunya mengeluarkan Baleno yang diharapkan bisa berkontribusi 10 persen dari pasar.

"Kalau dengan Swift kita inginnya bisa lebih dari 10 persen. Tetapi nanti angka pastinya akan kita umumkan ketika proses peluncuran pada 10 Agustus 2017," ujar dia.

Mengenai harga, sama seperti spesifikasi teknis, yaitu akan diinformasikan ketika peluncuran pekan depan. Tetapi, sudah dipastikan tetap di bawah Rp 200 juta on the road DKI Jakarta dan sekitarnya.

"Fiturnya berlimpah, tampilannya sporty, mesin bertenaga, tetapi harganya kompetitif. Informasi lebih detail, kita akan informasikan nanti," ucap Harold.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.