Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Suzuki Berani Jual Baleno "Hatchback"

Kompas.com - 04/08/2017, 07:02 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Bogor, KompasOtomotif - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menambah produk di segmen hatchback. Kini, merek asal Jepang itu memiliki dua model, yaitu Swift dan yang akan diluncurkan 10 Agustus 2017, Baleno hatchback.

Meski keduanya berada di kelas yang sama, tetapi secara tampilan, besaran tenaga, fitur, hingga dimensi jelas berbeda satu sama lain. Bahkan, target konsumen Swift untuk kaum pria, sedangkan Baleno lebih kepada wanita.

Melihat data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) periode Januari-Juni 2017, penjualan di segmen hatchback sudah tembus 16.500 unit, total sepanjang 2016 mencapai 38.467 unit.

Secara pasar, segmen hatchback tidak begitu besar. Pemimpin pasar di kelas ini seperti Honda Jazz, dan Toyota Yaris saja per bulannya hanya terjual sekitar 1.200 hingga 1.400 unit.

Lantas, apa yang menjadi pertimbangan Suzuki berani menambah model di kelas ini? Menurut Harold Donel, Head of Research and Brand Development 4W SIS, ada dua faktor. Pertama, persepsi Suzuki yang melihat pasar di kelas ini masih potensial.

Kedua, lanjut Harold preferensi orang untuk menggunakan hatchback menjadi semakin tinggi. Model ini sudah menjadi kebutuhan, terutama buat konsumen yang sukses dalam bekerja atau berkarya.

Suzuki Baleno HatchbackAditya Maulana - Otomania Suzuki Baleno Hatchback

"Zaman dulu kalau sukses itu beli sedan, tetapi sekarang sudah berbeda, jadi belinya hatchback," kata Harold di kawasan Bogor, Jawa Barat, Kamis (3/8/2017).

Berkat kedua hal itu, kata Harold Suzuki mulai tahun lalu, hingga ke depan akan fokus menggarap segmen yang lebih muda. Salah satunya mengeluarkan Baleno yang diharapkan bisa berkontribusi 10 persen dari pasar.

"Kalau dengan Swift kita inginnya bisa lebih dari 10 persen. Tetapi nanti angka pastinya akan kita umumkan ketika proses peluncuran pada 10 Agustus 2017," ujar dia.

Mengenai harga, sama seperti spesifikasi teknis, yaitu akan diinformasikan ketika peluncuran pekan depan. Tetapi, sudah dipastikan tetap di bawah Rp 200 juta on the road DKI Jakarta dan sekitarnya.

"Fiturnya berlimpah, tampilannya sporty, mesin bertenaga, tetapi harganya kompetitif. Informasi lebih detail, kita akan informasikan nanti," ucap Harold.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com