Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Kenalkan Teknologi Pengingat Barang Bawaan

Kompas.com - 03/08/2017, 19:51 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Farmington Hills, KompasOtomotifNissan merilis teknologi yang dinamai Rear Door Alert (RDA), diklaim bisa membantu pengendara yang punya kebiasaan lupa atau malas mengecek barang di jok belakang (baris kedua) sebelum meninggalkan mobil.

Kelihatannya aneh dan sepele, namun fitur ini diciptakan lebih karena faktor keamanan. Bukan soal pencurian barang, namun kadang barang yang ditinggalkan bisa berbahaya atau mengganggu karena temperatur kabin yang memanas, apalagi saat ditinggal di bawah panas.

”Kami bercanda seharian, seolah tak terjadi apa pun pagi itu. Lalu seorang teman sadar meninggalkan satu pan lasagna di kursi belakang mobilnya semalaman, setelah pulang dari hari yang panas,” kata Elsa Foley, bagian dari tim Nissan Technical Center North America (NTCNA).

Elsa melanjutkan, hal buruk yang terjadi selanjutnya adalah mobil menjadi bau seharian penuh. Pertanyaan pun muncul, bagaimana jika yang tertinggal di belakang adalah sesuatu yang lain, atau yang mungkin lebih berbahaya?

Pengalaman ini memantik ide munculnya RDA, yang akan menjadi peranti standar dari SUV Nissan Pathfinder 2018. Mobil ini siap meluncur September 2017 mendatang.

Sistem ini sebenarnya sederhana. Mobil akan mengingatkan pengemudi untuk selalu mengecek kursi belakang, dengan cara otomatis membunyikan klakson dengan pola tertentu.

Ini akan terjadi saat pengguna mobil membuka pintu belakang (dalam kondisi tertentu), lalu setelah selesai melakukan perjalanan, dia langsung meninggalkan mobil tanpa membuka pintu belakang lebih dulu. Sensor akan mendeteksi ketika pengemudi sudah membuka pintu belakang sebelumnya.

”Jika Anda membuka pintu belakang, entah menaruh anak kecil atau paket barang di kursi belakang, kendaraan akan membantu mengingatkan (untuk membuka kursi belakang) saat Anda tiba di tempat tujuan,” ujar Marlene Mendoza, anggota lain NTCNA.

”Kami hanya ingin pengguna tak terburu-buru, dan memikirkan kembali apa yang diletakkan di jok belakang,” imbuh Marlene. Tapi tentu saja, fitur ini bisa disetel, mau diaktifkan atau dimatikan, bergantung selera.

Berikut videonya:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com