Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Strategi Purna Jual Truk dan Bus Hyundai di Indonesia

Kompas.com - 03/08/2017, 12:42 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Pasar kendaraan niaga bakal kedatangan ”pemain baru tapi lama”, Hyundai Truck and Bus. Merek asal Negeri Ginseng itu akan digawangi oleh PT Hyundai Oto Komersial Indonesia (HOKI), dan mereka akan merangkai kembali kisah lama yang sempat carut-marut.

Lalu, sebagai pemain baru, strategi apa yang diusung? HOKI akan menjelaskannya rinci di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, yang tinggal beberapa hari lagi. Namun, Manajer Pemasaran HOKI Ari Tristianto Wibowo memberikan gambaran sekilas.

Dikatakannya, internal HOKI sangat mengerti bahwa aftersales service adalah hal yang ”super duper” penting. Jadi, saat ini, mereka sudah mulai bergerak masalah pengadaan suku cadang.

”Kita tahu, kalau di (pasar kendaraan) komersial, bengkel resmi hanya (didatangi saat) masa garansi. Biasanya, juragan truk punya bengkel sendiri. Nah, ketersediaan parts akan sangat utama,” kata Ari kepada KompasOtomotif, (3/8/2017).

Artinya, Ari menjelaskan bahwa ke depan, suku cadang kendaraan niaga Hyundai tak hanya bisa didapat dari bengkel resmi saja, tetapi juga toko-toko suku cadang ”tradisional”.

Suku cadang tidak hanya untuk produk baru nanti, tapi juga truk-truk Hyundai yang sudah beredar sebelumnya. Inilah yang menurut Ari sebagai bentuk tanggung jawab sebagai pemegang merek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com