Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Truk dan Bus Hyundai Siap Invasi ke Indonesia

Kompas.com - 03/08/2017, 09:43 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Rasanya, tahun ini bakal menjadi lembaran baru untuk Hyundai Truck and Bus. Kami sempat memberikan info, bahwa mereka sedang melakukan penjajakan berinvestasi di India untuk membuat pabrik dan jualan di sana.Ternyata, Indonesia juga sudah dijadikan bidikan pasar.

Baca: Truk dan Bus Hyundai Ingin Pasar India, Indonesia?

Kabar baiknya, divisi kendaraan niaga Hyundai itu siap membuka jaringan lagi di Indonesia dengan manajemen baru. PT Hyundai Oto Komersial Indonesia (HOKI) bakal memperkenalkan diri pertama kali di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, 10-20 Agustus mendatang.

HOKI sudah ditunjuk oleh Hyundai Motor Company sebagai agen pemegang merek (APM) truk dan bus Hyundai di Indonesia. Mereka akan membangun jaringan dari awal dan merintis bisnis bersama perkembangan kendaraan niaga yang menggiurkan di Tanah Air.

”Kami tidak ada hubungannya dengan HMI (Hyundai Mobil Indonesia), mereka ’pegang’ passanger (car),” ujar Ari Tristianto Wibowo, Manajer Pemasaran HOKI, kepada KompasOtomotif, (3/8/2017).

Ari pun menegaskan bahwa HOKI tidak ada sangkut-pautnya dengan pemegang merek Hyundai Truck and Bus yang sebelumnya. Ya, KompasOtomotif juga sempat menyinggung soal pemegang merek yang dulu, bahwa mereka hanya sebatas impor dan membeli secara lepas, walau dirakit di Indonesia.

Sebagai awalannya, HOKI akan masuk di segmen truk kategori II dan kategori V. Sebagai indo, truk kategori II adalah kendaraan niaga ringan, dan Hyundai akan bertarung dengan kuatnya Mitsubishi Colt Diesel dan Hino Dutro. Sementara truk kategori V adalah heavy duty truck. Bus akan menyusul.

Layak dinantikan performa mereka untuk bersaing dengan pemain lama. Satu lagi informai bahwa HOKI sudah terdaftar sebagai anggota Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com