Pemasok Komponen BMW Seri 5 Dominan Impor

Kompas.com - 02/08/2017, 18:03 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Model BMW Seri 5 terbaru sudah mulai masuk proses perakitan, yang dilakukan di fasilitas BMW Production Network, PT Gaya Motor, Sunter, Jakarta Utara. Ini melengkapi jajaran produk BMW yang dirakit lokal, di mana sebelumnya yang sudah ada yaitu BMW X1, X3, X5, Seri 3, dan Seri 7.

Namun, meski sudah dirakti lokal, komponen penyokong produk sedan BMW ini masih didominasi oleh barang impor. Sementar untuk pemasok lokal disebut Albert Reichl, Management Production Partner BMW Production Network 2 hanya satu, yaitu kursi mobil saja.

“Kami saat ini hanya memiliki lokal supplier untuk kursi saja. Soal penambahan, untuk saat ini belum ada,” ucap Reichl kepada KompasOtomotif, Rabu (2/8/2017).

Ari Mariano, Presiden Direktur PT Gaya Motor membenarkan pernyataan Reichl tersebut, di mana dirinya mengatakan kalau pemasok lokal hanya untuk komponen kursi. Perusahaan yang berhasil mendapat proyek itu PT Gesit.

“Sampai saat ini PT Gesit aja, mereka kursi saja, baru satu. Jadi kami terima semua komponen dari Tjahaja Sakti Motor yang merupakan importer sekaligus logistik BMW, sementara yang kami dapat langsung dari vendor hanya Gesit saja,” ujar Ary.

Saat mengonfirmasi kepada Jodie O’Tania, Vice President of Corporate Communications BMW Group Indonesia, dirinya menuturkan kalau sebenarnya masih ada beberapa komponen lain yang dipasok oleh pemain lokal.

“Kursi itu komponen yang besarnya maksudnya, sementara komponen kecil-kecil lainnya, seperti kabel dan plastik sudah dipasok oleh pemain lokal,” ucap Jodie. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.