Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemasok Komponen BMW Seri 5 Dominan Impor

Kompas.com - 02/08/2017, 18:03 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Model BMW Seri 5 terbaru sudah mulai masuk proses perakitan, yang dilakukan di fasilitas BMW Production Network, PT Gaya Motor, Sunter, Jakarta Utara. Ini melengkapi jajaran produk BMW yang dirakit lokal, di mana sebelumnya yang sudah ada yaitu BMW X1, X3, X5, Seri 3, dan Seri 7.

Namun, meski sudah dirakti lokal, komponen penyokong produk sedan BMW ini masih didominasi oleh barang impor. Sementar untuk pemasok lokal disebut Albert Reichl, Management Production Partner BMW Production Network 2 hanya satu, yaitu kursi mobil saja.

“Kami saat ini hanya memiliki lokal supplier untuk kursi saja. Soal penambahan, untuk saat ini belum ada,” ucap Reichl kepada KompasOtomotif, Rabu (2/8/2017).

Ari Mariano, Presiden Direktur PT Gaya Motor membenarkan pernyataan Reichl tersebut, di mana dirinya mengatakan kalau pemasok lokal hanya untuk komponen kursi. Perusahaan yang berhasil mendapat proyek itu PT Gesit.

“Sampai saat ini PT Gesit aja, mereka kursi saja, baru satu. Jadi kami terima semua komponen dari Tjahaja Sakti Motor yang merupakan importer sekaligus logistik BMW, sementara yang kami dapat langsung dari vendor hanya Gesit saja,” ujar Ary.

Saat mengonfirmasi kepada Jodie O’Tania, Vice President of Corporate Communications BMW Group Indonesia, dirinya menuturkan kalau sebenarnya masih ada beberapa komponen lain yang dipasok oleh pemain lokal.

“Kursi itu komponen yang besarnya maksudnya, sementara komponen kecil-kecil lainnya, seperti kabel dan plastik sudah dipasok oleh pemain lokal,” ucap Jodie. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com